.

.

Rubrik

.

Selasa, 30 Mei 2017

Tahun Ini SMKN 1 Walenrang Terima Siswa Baru Secara Online

Kepala SMK Negeri 1 Walenrang, Drs. Damis Asang, M.Pd

Damis Asang : Awal Juni Kami Mulai Menerima Siswa Baru

LUWU, Tabloid SAR- Setelah berhasil menammatkan 245 siswanya pada Tahun Ajaran (TA) 2016/2017, Sekolah Menengah Kejuaran Negeri (SMKN 1) Walenrang yang berada di Desa Bara’mamase, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2017/2018 pada awal Juni 2017.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMKN 1 Walenrang, Drs Damis Asang MPd, saat ditemui awak media ini, Selasa (30/5/2017) siang.

Menurut Damis, tahun ini Panitia PPDB SMKN 1 Walenrang akan menerima siswa-siswi baru TA 2017/2018 sebanyak 420 orang untuk 5 kejuruan.

“Tahun ini kami rencanakan menerima siswa baru Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 420 siswa. Rencananya para murid baru itu nantinya akan dibagi kedalam 12 kelas dengan rincian untuk jurusan Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) sebanyak 3 kelas, Tehnik Kendaraan Ringan (TKR) 3 kelas, Tehnik Sepeda Motor (TSM) 2 kelas, Tehnik Las Listrik (TLL) 2 kelas dan jurusan Akutansi 2 kelas,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa penerimaan siswa baru di SMKN 1 Walenrang nantinya dilaksanakan secara online.

“Penerimaan siswa baru tahun ini, akan kami laksanakan secara online. Namun jika calon siswa yang hendak mendaftar tidak mempunyai fasilitas jaringan internet, maka mereka tetap dibolehkan mendaftar secara manual melalui Panitia PPDB. Yang mendaftar langsung melalui Panitia PPDB secara manual, nanti berkasnya diinput oleh operator PPDB kedalam sistem pendaftaran online,” jelas Damis sembari mengatakan pekan ini Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel akan mengadakan pelatihan khusus bagi para operator PPDB.

Mantan Kepala SMA Negeri 1 Lamasi itu, juga menerangkan bahwa penerimaan siswa baru TA 2017/2018 kali ini akan mulai dibuka pada awal Juni 2017.

“Penerimaan siswa baru tahun ini, akan mulai kita buka pada awal Juni 2017, kalau tidak salah ingat mulai tanggal 3 bulan depan. Pendaftaran kita buka selama kurang lebih satu bulan dan siswa baru yang dinyatakan lulus oleh Panitia PPDB nantinya akan mulai aktif belajar pada tanggal 17 Juli mendatang, sesuai Kalender Pendidikan SMK se-Sulsel,” kata Damis.

Selain itu, Damis menjelaskan pula bahwa penerimaan siswa baru tahun ini akan dibuka melalui empat jalur yakni jalur berprestasi, jalur akademik dan jalur kemitraan, serta jalur khusus untuk siswa di sekitar lingkungan sekolah.

“Untuk siswa berprestasi pada bidang akademik dan non akademik dapat melalui jalur berprestasi, sedangkan jalur akademik dipersiapkan bagi siswa-siswi yang tinggi nilai UNBK-nya (Ujian Nasional Berbasis Komputer- red) dan untuk jalur kemitraan diberlakukan bagi mitra sekolah, sementara untuk siswa yang berasal dari sekitar lingkungan sekolah juga dipersiapkan jalur khusus,” sebut Damis.

Kendati demikian dalam Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (Juknis PPDB) TA 2017/2018, keempat jalur tersebut ditentukan kuota persentasenya.

“Dalam Juknis PPDB Tahun Ajaran 2017/2018, keempat jalur tadi sudah ditetapkan persentase kuotanya. Jadi jika pendaftar membludak dan melampaui target yang kita rencanakan, bisa jadi banyak pendaftar yang tidak lolos seleksi,” tandas Damis.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok   
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.