.

.

.

Rabu, 10 Mei 2017

Warga Desa Suli Bentuk Pos UKK dan Kelompok Tani Wanita Mandiri

Warga Desa Cimpu yang mengikuti rapat pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dan Kelompok Tani Wanita Mandiri di desanya, Selasa (9/5/2017)
LUWU, Tabloid SAR- Menindak lanjuti surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu tentang Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK). Warga Desa Cimpu, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan,  menggelar rapat pembentukan Pos UKK di Kantor Desa Cimpu, Selasa (9/5/2017).

Musyawarah yang dihadiri oleh sekitar 30 warga Cimpu tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Cimpu, Alimuddin.

Dalam kesempatan ini, Alimuddin menuturkan bahwa Pos UKK merupakan wadah pelayanan kesehatan kerja yang berada di tempat kerja.

“Pos UKK ini nantinya akan di kelola oleh para pekerja itu sendiri (kader- red), dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan para pekerja khususnya warga Desa Cimpu,” ujar Alimuddin.

Selain itu, Alimuddin mengatakan bahwa Pos UKK tersebut nantinya di bawah binaan Puskesmas Suli yang di tujukan untuk kelompok masyarakat pekerja Desa Cimpu, seperti petani, nelayan, buruh dan lain lain.

Hadir pula dalam acara pembukaan pembentukan tersebut, tim kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Suli, Fatiaja Syamsu guna melakukan pembinaan teknis dalam pembentukan Pos UKK Desa Cimpu.

Dalam kesempatan ini, Fatiaja menjelaskan tugas dan fungsi pokok Pos UKK, antara- lain, melakukan pengenalan masalah kesehatan (diagnosa- red) di tempat kerja, melaksanakan pencatatan dan pelaporan, serta melakukan rujukan ke Puskesmas.

Usai membentuk Pos UKK, warga Desa Suli dalam kesempatan itu, juga membentuk Kelompok Tani Wanita Mandiri.

Tujuan pembentukan Kelompok Tani Wanita Mandiri adalah sebagai upaya pelibatan kaum perempuan secara langsung dalam usaha-usaha peningkatan hasil pertanian, seperti menjadi bagian dari motivator dan pengenalan teknologi pertanian.

“Wanita tani berpeluang dan mampu berperan sebagai mitra kerja dalam proses ahli teknologi pertanian di pedesaan” terang Kades Cimpu.

Alimuddin, juga menyebutkan bahwa Pos UKK adalah salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat untuk melindungi para pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan, serta pengaruh buruk yang di akibatkan oleh pekerjaan mereka.

Penulis   : Solihin Ilham
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.