.

.

Friday, 2 June 2017

Awal Juni SMA Negeri 1 Lamasi Mulai Buka Pendaftaran Online Siswa Baru

Kepala SMA Negeri 1 Lamasi, Drs. Syafaruddin Kadir, MPd
LUWU, Tabloid SAR- Menjelang Tahun Pelajaran 2017/2018 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMA Negeri 1) Lamasi yang berada di Desa Lamasi, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebanyak 350 orang siswa.

Panitia PPDB SMA Negeri 1 Lamasi akan mulai membuka pendaftaran online siswa baru, pada awal Juni ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMA Negeri 1 Lamasi, Drs Syafaruddin Kadir MPd, saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Syafaruddin menjelaskan bahwa penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Lamasi tahun ini akan mulai dibuka secara online oleh Panitia PPDB pada tanggal, 3 Juni 2017 mendatang.

“Penerimaan siswa baru tahun ini bebeda dengan sistem yang digunakan pada tahun lalu. Karena tahun ini kami nenerima pendaftaran siswa baru melalui sistem online, kalau tahun lalu masih menggunakan cara manual,” kata Syafaruddin.

Kendati demikian, bagi para calon siswa baru yang tidak bisa mendaftar melalui sistem online, bisa langsung datang ke SMA Negeri 1 Lamasi untuk mendaftar manual melalui Panitia PPDB. Nanti operator panitia yang daftarkan lewat sistem online, tambah Syafaruddin.

Ia menjelaskan bahwa dalam Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, SMA Negeri 1 Lamasi akan menerima siswa baru sebanyak 350 orang siswa dengan rincian 6 ruang belajar (Rumbel) untuk jurusan IPA dan 4 Rumbel bagi jurusan IPS.

“Tahun ini kami rencanakan menerima 350 siswa baru dengan mempersiapkan 10 Rumbel. Setiap Rumbel nantinya akan diisi sebanyak 35 orang siswa baru, sesuai dengan ketentuan Peraturan Mentri (Permen) Pendidikan No.17 Tahun 2017 dan Juknis PPDB dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel,” jelas Syafaruddin.

Mantan Wakil Kepala SMA Negeri 1 Lamasi tersebut, juga menjelaskan bahwa para pendaftar siswa baru di sekolah yang dinahkodainya dapat melalui dua jalur, yakni jalur akademik dan non akademik.

Untuk jalur akademik, kriteria kelulusannya berdasarkan NUN (Nilai Ujian Nasional), sedangkan jalur non akademik ada empat macam kriteria yakni jalur afirmasi, jalur prestasi, jalur kemitraan dan jalur domisili.

“Kriteria berdasarkan jalur afirmasi khusus diberlakukan bagi orang yang tidak mampu dan orang berkebutuhan khusus (cacat- red). Sedangkan jalur prestasi khusus untuk para juara OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan O2SN (Olimpiade Olah Raga dan Sains Nasonal) yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan. Selain itu ada pula jalur kemitraan khusus bagi pejabat instansi vertical yang memiliki kekuasaan absolut seperti Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandim, serta Kapolres dan pejabat Pemkab/Pemkot seperti Bupati/Walikota, serta Anggota DPRD. Sementara jalur domisili diberlakukan khusus bagi orang yang berdomisili di sekitar lingkungan sekolah,” urainya.  

Lebih lanjut, Kepala SMA Negeri 1 Lamasi menyebutkan bahwa penerimaan siswa baru untuk jalur non akademik akan mulai dibuka pada tanggal 3 s/d 9 Juni 2017 dan pengumuman kelulusannya pada tanggal 15 Juni 2017. Sedangkan, penerimaan siswa baru melalui jalur akademik baru akan dibuka pada tanggal, 16 s/d 19 Juni 2017 dan pengumuman kelulusannya pada tanggal 20 Juni 2017.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

No comments:

Post a Comment

.

.