.

.

.

Senin, 12 Juni 2017

Genta Bangsa Kabupaten Torut Gelar Malam Refleksi Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kasdim 1414 Tana Toraja, Mayor Inf. Samuel Lesdan saat membawakan sambutannya dalam kegiatan Malam Refleksi Pancasila Sakti untukmu Negeriku dengan tema “Saya Toraja Saya Pancasila”
Genta Bangsa Mengangkat Tema, “Saya Toraja Saya Pancasila”

TORAJA, Tabloid SAR- Pemuda Kabupaten Toraja Utara (Torut) yang menamakan dirinya Gerakan Cinta (Genta) Bangsa, menggelar Malam Refleksi Pancasila Sakti untukmu Negeriku dengan tema “Saya Toraja Saya Pancasila”.

Kegiatan yang berlangsung di pelataran Art Center Rantepao itu, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-72 yang jatuh setiap tanggal, 1 Juni.

Sabtu (10/6/2017) malam sekitar pukul 19.00 Wita, malam refleksi tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan membaca Teks Pancasila secara bersamaan oleh seluruh hadirin.

Dalam kesempatan itu, Ketua Genta Bangsa Torut, Brikken Linde Bonting menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan itu dilaksanakan sebagai upaya menggaungkan kembali makna Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara Indonesia, kepada pemuda dan pemudi yang ada di Torut.

“Dengan kegiatan semacam ini, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dapat benar-benar dipahami dan diwujudkan secara nyata melalui sikap dan perilaku generasi muda kita. Bahkan dapat pula menjadi motivasi bagi generasi muda kita untuk berfikir serta bertindak yang lebih positif,” jelas Brikken.

Brikken menambahkan bahwa kegiatan demikian idealnya, tidak sekedar untuk memperingati momentum Hari Lahirnya Pancasila yang kita peringati setiap 1 Juni, namun tujuan lainnya adalah supaya Pemuda Pemudi Torut dapat mengerti sejarah lahirnya Pancasila, serta dapat mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari, tambahnya.

Selain itu, Brikken mengatakan bahwa seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Torut dapat lebih berperan aktif untuk mendorong dan memfasilitasi, energi dan potensi generasi muda Torut agar dapat tersalurkan pada kegiatan-kegiatan yang lebih positif, kreatif, dan produktif.

“Kami berharap agar kedepannya Pemkab Torut memberikan ruang lebih luas untuk kegiatan-kegiatan positif bagi generasi muda kita, supaya mereka dapat terhindar dari kegiatan atau aktifitas yang dapat merusak masa depan mereka,” tandasnya.

Sementara, Kasdim 1414 Tator, Mayor Inf. Semuel Lesdan dalam sambutannya menghimbau generasi muda Torut, untuk meninggalkan semua kebiasaan buruknya, baik itu tindakan-tindakan negatif, maupun gaya hidup bermalas-malasan dan kebiasaan ketergantungan pada orang lain, karena pada prinsifnya semua hal tersebut tidak mencerminkan karakter bangsa Indonesia yang Pancasilais.

“Secara pribadi, saya sangat mendukung kegiatan semacam ini, karena mestinya kegiatan positif seperti ini sering-sering dilaksanakan agar generasi muda kita, tidak terjerumus dengan kegiatan yang dapat merusak masa depan mereka,” himbau Kasdim.

Kasdim juga menegaskan bahwa peran orang tua sangat vital dan paling menentukan dalam membentuk karakter dan perilaku generasi muda bangsa Indonesia, termasuk para pemuda-pemudi kita di Toraja.

Dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, selain diisi dengan sambutan-sambutan juga diisi dengan acara pembacaan Puisi Kebhinekaan, Drama Theatrikal “Pancasila Sakti”, Sejarah Pancasila, Doa bagi Bangsa serta dimeriahkan dengan hiburan musik dari Genta Band.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh-tokoh pemuda, serta pihak pemerintah dan tokoh politik.

Penulis   : Steven Gabriel
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.