.

.

.

Jumat, 16 Juni 2017

Manfaatkan Dana Desa dan ADD, Kades Padang Kalua Bangun Sejumlah Infrastruktur

Kades Padang Kalua, M. Nasir To Buna
LUWU, Tabloid SAR- Untuk menggenjot pembangunan sejumlah infrastruktur di desanya, Kepala Desa (Kades) Padang Kalua, M. Nasir To Buna memanfaatkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Tahun ini misalkan, M. Nasir memprogramkan pembangunan fisik di desanya sebanyak 4 item. Tiga item diantaranya dibiayai menggunakan Dana Desa dan satu item dibiayai dengan ADD.

Menurut M. Nasir, berdasarkan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang diselenggarakan pada awal tahun lalu, masyarakat dan aparat Desa Padang Kalua sepakat untuk membangun sejumlah infrastruktur di desanya.

“Dalam Musdes itu disepakati pembangunan Rabat Beton sepanjang 525 meter di Dusun Salu Jambu dan Dusun Lempo, serta pembangunan Talut Jalan Tani sepanjang 250 meter di Dusun Padang Kalua, termasuk pembangunan Irigasi sepanjang 200 meter di Dusun Amboli,” jelas M. Nasir saat ditemui baru-baru ini, sembari mengatakan 3 item infrastruktur itu dibiayai menggunakan Dana Desa.

Selain itu, Dana Desa juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan digunakan sebagai modal Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Lebih lanjut, M. Nasir menjelaskan bahwa pihaknya juga menggunakan ADD untuk membangun satu unit Plat Dukker (Dekker- red) di Dusun Lempo.

“Selain untuk membiaya kebutuhan atau belanja rutin Pemerintahan Desa, ADD juga kami manfaatkan untuk membangun satu unit Plat Dukker dan digunakan untuk pengadaan satu unit kendaraan dinas (Randis) roda dua,” sebutnya.

Untuk diketahui, Desa Padang Kalua tahun ini, mendapatkan Dana Desa sekitar Rp 700 juta lebih dan ADD sebanyak Rp 300 juta lebih.

Desa Padang Kalua yang berada di Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), juga keciprat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Luwu tahun anggaran 2017 hingga ratusan juta rupiah untuk membiayai pembangunan proyek Irigasi sepanjang 700 meter di Dusun Padang Kalua.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.