.

.

.

Sabtu, 15 Juli 2017

Pemkab Lutim Gandeng LAN Makassar Lakukan Analisa Jabatan PNS

Sekda Lutim, Bahri Suli saat membuka kegiatan ekspose analisa jabatan pelaksanaan dan fugsional PNS lingkup Pemkab Lutim yang dipusatkan di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Lutim, Jumat (14/7/2017).

LUTIM, Tabloid SAR- Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Bahri Suli mengatakan bahwa dalam era globalisasi, persaingan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien, menuntut profesionalisme sumber daya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam melaksanaan urusan tatakelolah pemerintahan. Kendati demikian, tuntutan zaman tersebut belum sesui dengan harapan.

Hal tersebut ditekankan, Bahri saat membuka kegiatan ekspose analisa jabatan pelaksanaan dan fugsional PNS lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim kerjasama dengan Badan Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (BKP2A) II Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar tahun 2017 yang dipusatkan di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Lutim, Jumat (14/7/2017).

Dalam kegiatan itu, Bahri menegaskan bahwa salah satu penyebab utama terjadinya ketidaksesuaian antara kompetensi PNS dengan jabatan yang didudukinya disebabkan oleh komposisi keahlian atau keterampilan PNS yang belum proporsional.

“Bukan hanya ketidak sesuaian kompetensi dengan jabatannya, namun juga karena pendistribusian PNS masih belum sesuai kebutuhan nyata organisasi pemerintahan, dalam arti belum didasarkan pada beban kerja organisasi,” tegas Sekretaris Daerah Lutim itu.

Ia menambahkan, upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance) sesuai dengan arah kebijakan reformasi saat ini, maka Pemerintah Kabupaten Lutim berupaya melaksanakan program reformasi dengan menitik beratkannya pada perbaikan di bidang organisasi, ketatalaksanaan dan kepegawaian.

“Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini dapat menjadi pedoman dalam perencaan kepegawaian kedepan, rekruitmen dan seleksi yang berdasarkan standar kualifikasi pendidikan, perencanaan promosi karier, pengangkatan jabatan, penilaian kinerja, rekruitmen berdasarkan evaluasi jabatan dan analisa kebutuhan Diklat,” ujar Bahri.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lutim, AR Salim menyebutkan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan hasil tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemkab Lutim dengan LAN Makassar.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyediakan informasi jabatan, peta jabatan, uraian tugas dan syarat jabatan sebagai dasar dalam program manajemen kepegawaian, kelembagaan, ketatalaksanaan dan pengawasan yang sesuai dengan kedudukan, tugas dan kewenangannya berdasarkan peraturan perundang –undangan dan regulasi yang berlaku pada LAN RI.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Tim Pelaksana Kajian Analisa Jabatan PKP2A II LAN Makassar, para Kepala SKPD lingkup Pemkab Lutim, para Kepala Bagian Lingkup Setdakab Lutim, para Camat, serta para Kepala Puskesmas se Kabupaten Lutim.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.