.

.

.

Senin, 17 Juli 2017

Puskesmas Larompong Selatan Butuh Pagar


Nildasari : Kami Berharap Kepada Pihak Terkait Agar dapat Memfasilitasi atau Membantu untuk Menganggarkan Pembangunan Pagar Puskesmas Ini

LUWU, Tabloid SAR- Untuk mencapai tujuan pelayanan kesehatan yang maksimal tentu tidak terlepas dari dukungan sarana dan prasarana sebagai penunjang terpenting.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Larompong Selatan, Nildasari, S.KM saat ditemui awak media ini di sela sela kesibukannya.

Nildasari menjelaskan bahwa salah satu prasarana Puskesmas yang juga sangat penting adalah pagar yang dirancang untuk membatasi atau mencegah pergerakan keluarga pasien saat hendak melintasi batas.

Ia menambahkan, pembangunan pagar sangat penting keberadaannya sebab selain untuk keindahan Puskesmas, juga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pasien, sehingga pengawasannya bisa dilakukan secara maksimal.

“Kita bisa melihat situasi dan kondisi Puskesmas kami yang memang sangat membutuhkan pagar pada sekeliling,” ujarnya sembari menunjuk sisi Puskesmas yang dinahkodainya.

Nildasari menuturkan bahwa belum lama ini ada kejadian di UGD Puskesmas Larompong Selatan, keluarga pasien yang kecelakaan lalulintas (Lakalantas) berkelahi di UGD saat keluarganya tengah dirawat oleh petugas Puskesmas.

“Yaa karena pagar pembatas kami tidak ada, keluarga korban Lakalantas yang keduanya sementara dirawat oleh tim medis di Puskesmas ini, pada bebas keluar-masuk meski sudah dilarang petugas kami, jadinya para keluarga pasien tersebut berkelahi di UGD,” tuturnya.

Kendati perkelahian antara keluarga korban Lakalantas yang terjadi di UGD saat itu dapat direlai atau dipisahkan, namun hal demikian sangat mengganggu para pasien lainnya termasuk pasien Lakalantas tersebut karena kaget dengan kegaduhan semacam itu, kata Nildasari.

“Sejak kejadian itu, kami sudah tidak berani merawat korban Lakalantas dengan  lawannya sekaligus dalam waktu bersamaan karena takut peristiwa serupa terulang kembali. Sehingga salah satu korban Lakalantas itu, harus kamu rujuk ke Puskesmas Larompong selaku Puskesmas terdekat,” tandasnya.

Selain itu, hewan liar maupun ternak peliharaan warga sekitar sering masuk kehalaman Puskesmas, bahkan anjing tak jarang ditemukan masuk dalam ruangan Puskesmas ini.
“Kami berharap kepada pihak terkait agar dapat memfasilitasi atau membantu untuk menganggarkan pembangunan pagar Puskesmas ini, agar kejadian-kejadian yang tidak diharapkan terulang,” harap Nildasari.

Penulis   : Solihin Ilham
Editor     : William Marthom                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.