.

.

.

Kamis, 13 Juli 2017

Sejumlah Birokrat Pemkab Luwu Nyatakan Maju Pilkada 2018

Baliho Hasman R. Djano (kiri) dan H. Syaiful Alam

H Syaiful Alam dan Hasman R Djano Menyusul Ramaikan Suksesi Kepemimpinan Luwu

LUWU, Tabloid SAR- Nampaknya sejumlah birokrat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, mulai bermunculan ke permukaan dengan menyatakan sikap untuk maju pada Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Sebelumnya Kepala Inspektorat Kabupaten Luwu, H Lahmuddin telah lebih dulu menyatakan sikapnya untuk maju pada Pilkada Luwu mendatang. Kemudian menyusul pula Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, Syaiful Alam, lalu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Hasman R Djano, menyatakan pula sikap yang sama akan ikut menjadi competitor dalam Pilkada Luwu 2018.

Ke tiga birokrat Pemkab Luwu ini, masing-masing telah memasang balihonya di mana-mana, tak lain untuk bersaing dengan sejumlah Bakal Calon (Balon) Bupati Luwu lainnya dalam rangka meningkatkan elektabiltas (survei), sebagai salah satu syarat untuk dapat dilirik dan diusung partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD.

Sekda H Syaiful Alam yang mengusung tagline ‘Bekerja dengan Hati’ melalui para pendukungnya, tampak menebar baliho pada sejumlah tempat hingga ke pelosok daerah di Luwu. Halnya Hasman R Djano maju dengan tagline ‘Bersahaja’ pun tak ketinggalan menebar balihonya pada setiap desa di daerah yang dijuluki Bumi Saweringading ini.

Munculnya H Syaiful Alam untuk meramaikan peta politik menuju suksesi kepemimpinan Luwu pada Pilkada 2018 mendatang, tentu karena kuatnya dukungan dari arus aspirasi masyarakat. Terlebih reputasi kepemimpinan Sekda Luwu ini, telah teruji dalam memenej birokrasi di lingkup Pemkab Luwu, selama hampir dua periode dinahkodai oleh Bupati HA Mudzakkar.

Pada gilirannya, Pemkab Luwu mampu meraih berbagai prestasi. Salah satunya adalah memperoleh penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI, sebagai bentuk predikat tertinggi atas penilaian terhadap sistem Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (LKPD) selama dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2015 dan2016.

Tidak sedikit pula dari kalangan birokrasi pada lingkup Pemkab Luwu, justru sangat mengapresiasi atas adanya dukungan aspirasi masyarakat terhadap Sekda Syaiful Alam, sehingga dapat menyatakan diri untuk maju pada Pilkada Luwu 2018 mendatang. Bahkan dari kalangan LSM pun, tak ketinggalan pula memberikan dukungannya.

“Saya sangat mendukung atas majunya Pak Sekda Syaiful Alam , untuk menjadi salah satu Balon menuju Pilkada Luwu 2018 mendatang, tutur sejumlah aktivis LSM di daerah ini, salah satunya dari Taufik anggota Forum Komunikasi Informasi Reformasi Bumi Sawerigading (FKIR-BS).

Kata Taufik, bahwa Beliau (Syaiful Alam- red) tidak hanya dikenal ramah dan selalu memberikan opsi dan solusi terhadap permasyalahan masyarakat pada ruang-ruang birokrasi pemerintahan daerah, namun terpenting lagi disini Beliau adalah sosok birokrat yang sifatnya berlatarbelakang bersih dari isu-isu korupsi. “Jadi itu yang mendasari dukungan kami dari kalangan aktivis, sehingga mendukung Pak Syaiful Alam untuk maju pada Pilkada Luwu mendatang,” tutur Taufik.

Menurutnya, mudah-mudahan saja Pak Syaiful Alam dapat dilirik untuk diusung oleh Parpol nantinya. Apalagi syarat kepemimpinan pada diri Beliau sudah sangat memenuhi krateria, sebab memiliki reputasi dan pengalaman birokrasi yang telah teruji, apa lagi Beliau bersih dari isu-isu korupsi selama ini.

Taufik pun mengakui bahwa meski dirinya tidak akrab dengan Sekda Syaiful Alam, namun pihaknya mengaku telah menyimak banyak hal tentang track record kepemimpinan Syaiful Alam.

Terlebih lagi Beliau selaku birokrat karier yang selama ini malang melintang di lingkup Pemkab Luwu, tentunya sudah sangat banyak mengetahui kondisi dan karakter masyarakat di daerah ini, jika ditinjau dari berbagai sudut pandang.

“Jadi saya pikir itu yang sangat mendasar dan mesti pula dijadikan sebagai alasan untuk mendukung seorang calon pemimpin daerah pada Pilkada mendatang. Karena profil kepemimpinan pada diri Pak Sekda Syaiful Alam adalah sudah sangat pas bagi sebuah tampuk pemeritahan Kabupaten Luwu pada periode berikutnya,” papar Taufik.

Hasman R Djano Merangkul Semua Golongan

Majunya Kadis Dukcapil Kabupaten Luwu, Hasman R Djano sebagai salah satu Balon untuk meramaikan peta politik menuju suksesi kepemimpinan Luwu pada Pilkada Serentak 2018 mendatang, bukan pula tanpa alasan.

Nampaknya bukan hanya tokoh masyarakat dari Bastem dan Latimojong, serta Toraja yang memberikan dukungan terhadap birokrat Pemkab Luwu yang satu ini. Akan tetapi dukungan juga mengalir dari tokoh masyarakat Bugis, khususnya yang telah menjadi warga Kecamatan Bupon.

Hal inilah sehingga dia memilih untuk mengusung taglaine ‘Bersahaja’ untuk ‘Merangkul Semua Golongan’ di tengah dirinya mensosialisasikan keinginannya untuk maju pada Pilkada Luwu 2018 mendatang.

“Ya, saya berniat maju sebab didorong oleh pihak keluarga dan masyarakat dari berbagai golongan di Kabupaten Luwu ini. Soal Parpol dan berpaket dengan siapa, saya pikir itu nantinya akan ditentukan melalui mekanisme survei,” tutur Hasman R Djano putra asal Bastem ini.

Untuk diketahui, bahwa putra asal Bastem yang telah menyatakan diri untuk maju pada Pilkada Luwu 2018 mendatang, masing-masing adalah Patahuddin selaku Ketua AMPG Kabupaten Luwu, Ketua DPC PPP, Rusli Sunali yang juga anggota DPRD Kabupaten Luwu, Epi Pakulu dan Hasman R Djano sendiri.

Penulis   : Rama
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.