.

.

Monday, 21 August 2017

Ini Kata Panglima TNI Terkait Insiden Bendera Terbalik di SEA Games Malaysia

Tampak bendera merah putih dicetak terbalik dalam Buku Panduan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia
JAKARTA, Tabloid SAR- Insiden bendera Indonesia yang dicetak terbalik menjadi putih merah dalam Buku Panduan SEA Games 2017 pada halaman 80, mengundang reaksi dari berbagai elemen bangsa Indonesia.

Rakyat Indonesia yang bereaksi atas insiden tersebut, salah satunya adalah  Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Ia menyayangkan insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam Buku Panduan SEA Games 2017 Malaysia.

Menurut, Gatot saat dirinya mengetahui insiden itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan kepada Dubes Indonesia di Malaysia dan setelah mendapat informasi yang akurat dari Dubes Indonesia, ia langsung mengajukan Nota Protes kepada pemerintah Malaysia.

“Waktu itu saya langsung cek kepada Dubes Indonesia di Malaysia, dan setelah melakukan pengecekan tersebut, saya langsung pula mengajukan Nota Protes kepada pemerintah Malaysia,” kata Gatot dalam siaran pers yang diterima Tabloid SAR, Senin (21/8/2017).

Kendati demikian, Gatot mengingatkan agar rakyat Indonesia berpikir positif atas insiden tersebut. Mengingat, Panitia Penyelenggara SEA Games 2017, sudah meminta maaf yang berarti insiden tersebut bukan hal yang disengaja.

“Kita sangat menyayangkan adanya insiden itu, apa lagi kejadiannya di Negara tetangga. Tapi sudah ada permintaan maaf dari Pemerintah Malaysia soal terbaliknya bendera Indonesia. Kita harus berpikir positif, panitia juga sudah minta maaf. Berarti itu hal yang tidak disengaja,” ujar Gatot.

Seperti yang diketahui bersama, bendera Indonesia tercetak terbalik dalam Buku Panduan Pelaksanaan SEA Games 2017 pada halaman 80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, menjadi putih merah. Sedangkan, 10 bendera negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Diketahui pula, setelah mendapat protes, baik dari pemerintah maupun dari berbagai elemen bangsa Indonesia, Pemerintah Malaysia akhirnya memutuskan untuk menarik semua Buku Panduan SEA Games 2017 yang didalamnya ada bendera Indonesia tercetak secara terbalik.

Sementara, sehari sebelumnya dalam jumpa pers yang digelar, pada Minggu (20/8/2017) di Hotel Shangrila, Kuala Lumpur Malaysia, Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaludin menyatakan Pemerintah Malaysia meminta maaf kepada Pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia atas adanya insiden itu.

Dalam jumpa pers tersebut, pihak Malaysia juga berjanji akan menarik semua Buku Panduan SEA Games 2017 yang salah cetak itu.

Editor : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.