.

.

Saturday, 23 September 2017

Forum Kecamatan Belopa Peduli Kesehatan Olahraga, Lounching Program “SAGU KESORGA”

Kepala Puskesmas Belopa, dr. Hj Ernawaty Abdullah (ketiga dari kiri) dan Camat Belopa, Johan Daido (kedua dari kanan) foto bersama seusai acara Lounching Program SAGU KESURGA
LUWU, Tabloid, SAR - Dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan aktifitas senam dan olahraga guna mempertahankan kondisi tubuh yang sehat dan bugar, Puskesmas Kecamatan Belopa melalui Forum Kecamatan Belopa Peduli Kesehatan Olahraga melaunching program “Senam Bugar Kesehatan Olahraga (SAGU KESORGA)” di Kantor Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat (22/9/2017).

Lounching program SAGU KESORGA tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Puskesmas Belopa, dr. Hj Ernawaty Abdullah  mewakili Kepala Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam kesempatan itu, dr. Hj Ernawaty mengatakan bahwa kegiatan ini, merupakan kristalisasi dari keinginan masyarakat dan jajaran pemerintah di Kecamatan Belopa dalam mewujudkan gerakan masyarakat yang sehat dan mandiri melalui pembudayaan aktifitas yang baik, benar, terukur, dan teratur (BBTT) agar menjadi masyarakat yang sehat dan bugar.

Selain itu, Kepala Puskesmas Belopa dalam sambutannya yang mewakili Kepala BKOM Sulsel menyatakan, pihaknya mendukungan dan mengapresiasi atas terselenggaranya launching  program “SAGU KESORGA”.

Ia juga berharap supaya wadah komunitas masyarakat dalam upaya membangun kemandirian untuk hidup sehat dan bugar semakin tumbuh dan berkembang di daerah yang berjuluk Bumi Sawerigading ini, dengan harapan nantinya dapat menjadi kabupaten peduli kesehatan olahraga, kata dr. Hj Ernawaty.

Pihaknya juga berharap agar seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Luwu  dapat segera bergerak mengikuti langkah yang telah di tempuh oleh Puskesmas Belopa dengan membangun sinergitas lintas sektor dan lintas program yang ada di wilayah kerjanya.

“Kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang bersifat promotif dan preventif yang bertujuan mencegah masyarakat, jangan sampai sakit dan setidaknya dapat terhindar dari beberapa penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, diabetes dan lain sebagainya,” jelas dr. Ernawaty dalam mengakhiri sambutannya.

Sementara, Ketua Panitia Launching Program “SAGU KESORGA”, Johan Daido dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dari berbagai pihak.

“Kegiatan ini dapat terlaksana atas dukungan sejumlah pihak, diantaranya parah Lurah dan kader kesehatan se Kecamatan Belopa, Kepala Puskesmas Belopa, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Belopa, dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Belopa, serta parah tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Belopa,” sebut Johan.

Camat Belopa itu juga berharap dengan dilaunchingnya program “SAGU KESORGA” ini, maka dengan sendirinya masyarakat Belopa mulai bergerak untuk membudayakan olahraga yang BBTT.

“Kita berharap pasca dilounchingnya program ini, masyarakat Kecamatan Belopa mulai membudayakan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur. Sehingga orang yang berolahraga dengan teratur dapat melihat dan merasakan tingkat perkembangan kebugarannya,  sekaligus terhindar dari resiko penyakit tidak menular,” kata Johan.

Selain itu, Johan juga menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan program tersebut guna menjaga kesehatannya.

“Silakan manfaatkan program ini, karena meski masih sangat sederhana namun manfaatnya sangat besar bagi kesehatan,” tandas Camat Belopa tersebut.

Untuk diketahui, lounching ini diawali dengan senam pagi bersama, lalu dilanjutkan dengan perlombaan senam Lansia (lanjut usia- red) khusus bagi para Lansia di wilayah Kecamatan Belopa yang terdiri dari 6 kelurahan.

Penulis  : Solihin
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.