.

.

.

Selasa, 19 September 2017

Sehari Setelah Bagikan Puluhan Ribu Kartu KIS, Bupati Lutim Sidak Puskesmas Malili

Bupati Lutim, HM Thoriq Husler bertanya dan bercakap-cakap dengan para petugas kesehatan saat melakukan Sidak di Puskesmas Malili, Selasa (19/9/2017)
LUTIM, Tabloid SAR- Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thoriq Husler langsung melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Malili, Kabupaten Lutim, Sulawesi Selatan, Selasa (19/9/2017).

Sidak tersebut langsung dilakukan Husler sehari setelah menyerahkan 79.786 Kartu Indonesia Sehat (KIS) Program Cakupan Semesta atau Universal Health Coverage (UHT), kepada camat dan kepala desa se Kabupaten Lutim untuk didistribusikan bagi masyarakatnya.

Menurut, Husler Sidak yang dilakukan di Puskesmas Malili saat itu, bertujuan untuk memantau langsung pelayanan dasar bagi masyarakat Lutim di bidang kesehatan.

Selain itu, juga untuk memastikan pendistribusian Kartu KIS yang baru diserahkannya kepada para camat dan kepala desa, apakah sudah sampai dan telah dimanfaatkan oleh masyarakatnya atau belum.

Saat melakukan Sidak, Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Malili menjadi sasaran pertama untuk dipantau langsung oleh Husler.

Di UGD, Bupati Lutim itu, bertanya langsung kepada sejumlah pasien mengenai kepemilikan Kartu KIS.

“Ibu punya Kartu Indonesia Sehat”? Tanya, Husler kepada salah seorang pasien di UGD Puskesmas Malili saat melakukan Sidak.

“Iya saya sudah punya Pak, kartu KIS ini kemarin dikasih sama Pak Desa dan beruntung hari ini bisa langsung digunakan untuk berobat,” jawab pasien yang ditanya Bupati Lutim saat itu sembari memperlihatkan Kartu KIS miliknya.   

Orang nomor satu di daerah berjuluk Bumi Batara Guru itu, tidak hanya bertanya dan bercakap-cakap dengan para pasien, tapi juga dengan para petugas kesehatan saat melakukan Sidak di Puskesmas Malili.

Selain meninjau UGD, Husler juga meninjau Poli Gigi, ruang persalinan dan apotek, serta fasilitas alat kesehatan lainnya di Puskesmas Malili ketika melakukan Sidak.

Husler bersyukur karena saat melakukan Sidak semuanya berjalan lancar, tidak ada keluhan dari para pasien yang ditanya dan semua pasien yang berobat saat itu sudah memiliki Kartu KIS. Bahkan ada bayi yang bernama Vino , umur 14 bulan, juga telah memanfaatkan Kartu KIS saat itu.

“Syukurlah, semuanya berjalan lancar sesuai harapan dan tak ada keluhan dari masyarakat. Kita berharap kedepannya tak ada lagi keluhan warga ketika berobat di Puskesmas atau rumah sakit, terkait pelayanan dan fasilitas kesehatan, termasuk kepemilikan Kartu KIS,” kata Husler di Puskesmas Malili seusai melakukan Sidak ditempat tersebut.

Pada kesempatan itu, Husler juga menghimbau agar masyarakat Lutim tidak ragu memanfaatkan Kartu KIS untuk berobat.

“Silakan manfaatkan kartu KIS-nya untuk berobat. Saya juga telah instruksikan camat dan kepala desa agar terus proaktif mendata warganya, sehingga semuanya dapat mengantongi KIS,” himbau Husler.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.