.

.

.

Minggu, 29 Oktober 2017

Jelang Pembahasan RAPBD Lutra TA 2018 Anggota dan Pimpinan DPRD Lutra dari Dapil II Gelar Reses di Malangke

Dari kiri kekanan Anggota DPRD Lutra, Yamsir, Amir Mahmud, Muhammad Ibrahim SE, Wakil Ketua II DPRD Lutra, Andi Sukma S.Sos, Camat Malangke Sofyan Zubair SP, H Rusli Hamid, Abdul Muis S.Pi dan Kapolsek Malangke yang diwakili Aipda Sukarmin
Camat Malangke Mengusulkan Perbaikan 2 Plat Dekker di Jalan Poros Desa Tingkara

LUTRA, Tabloid SAR- Berdasarkan amanat Undang-Undang dan sejumlah peraturan, serta regulasi lainnya, maka DPRD Kabupaten Luwu Utara (Lutra) baik dari unsur pimpinan maupun anggota diwajibkan melaksanakan reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

Reses tersebut, wajib dilakukan oleh pimpinan dan anggota DPRD Lutra di daerah pemilihan (Dapil)-nya masing-masing, saat menjelang pembahasan  Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok maupun Perubahan.

Sehingga dalam rangka pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lutra Tahun Anggaran (TA) 2018, DPRD Lutra dari Dapil 2, menggelar reses pada dua kecamatan yang merupakan wilayah Dapilnya, yakni di Kecamatan Malangke dan Malangke Barat (Malbar).

Berdasarkan hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Lutra, Andi Sukma bersama sejumlah anggota DPRD dari Dapil 2 Lutra  menggelar reses di Aula Kantor Camat Malangke yang berada di Desa Tolada, Kabupaten Lutra, Sulawesi Selatan, Kamis (26/10/2017).

Dalam reses tersebut, para wakil rakyat itu menyerap aspirasi masyarakat di Dapil-nya, terkait kegiatan fisik maupun non fisik yang disampaikan oleh para Kepala Desa (Kades), Kepala Sekolah (Kasek), Kepala Puskesmas (Kapus) dan para tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda, tak terkecuali usulan dari masyarakat dalam wilayah Dapil 2 Lutra itu.

Reses DPRD Lutra ini, dibuka secara resmi oleh Camat Malangke, Sofyan Zubair yang sebelumnya didahului dengan sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Sofyan Subair mengawali sambutannya dengan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Wakil Ketua II dan anggota DPRD Lutra asal Dapil 2, bersama para unsur eksekutif yang mewakili SKPD-nya masing-masing atas kehadirannya dalam reses tersebut, untuk menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Malangke.

Camat Malangke tersebut, juga menghimbau para Kades, Kasek, dan Kapus, serta para tokoh masyarakat, baik tokoh agama maupun tokoh pemuda, untuk mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan skala prioritas.

“Saya harap kepada seluruh peserta reses baik dari unsur pemerintah maupun dari unsur masyarakat, untuk mengusulkan kebutuhan yang menjadi skala prioritas dan jangan sampai mengusulkan sesuatu yang hanya berdasarkan keinginan,” himbaunya.

Selain itu, Sofyan Zubair juga mengusulkan agar DPRD Lutra dari Dapil 2 menganggarkan perbaikan 2 plat dekker di jalan poros Desa Tingkara yang mendesak untuk segera dibenahi.

Sementara, Wakil Ketua II DPR Lutra, Andi Sukma dalam kesempatan itu, mengapresiasi kehadiran para peserta reses baik dari unsur masyarakat maupun kepada perwakilan dari SKPD lingkup Pemda Lutra yang hadir.

“Terima kasih kepada semua peserta reses dan khususnya kepada perwakilan SKPD lingkup Pemda Lutra. Karena dengan kehadiran perwakilan SKPD dalam reses ini, kami selaku wakil rakyat dari Dapil 2 Lutra, berharap agar seluruh usulan peserta reses baik usulan para Kades, Kasek dan Kapus, serta masyarakat, seluruhnya bisa dicatat secara langsung oleh SKPD terkait untuk diakomodir dalam setiap rencana kerja anggaran (RKA) Tahun Anggaran 2018 mendatang,” kata Andi Sukma.

Sedangkan, Anggota DPRD Lutra, Muhammad Ibrahim dalam reses tersebut, menjelaskan bahwa reses sangat penting, karena reses adalah salah satu ruang untuk mengimplementasikan sumpah dan jabatan para wakil rakyat saat dilantik.

Legislator tersebut, juga mengingatkan para perwakilan SKPD yang hadir supaya mencatat seluruh usulan peserta dengan baik.

“Saya berharap agar perwakilan SKPD yang hadir, mencatat dengan baik seluruh usulan peserta reses, supaya kami dari DPRD Lutra bisa mengusulkan nantinya, agar dapat disingkronkan pada saat asistensi,” himbau Muhammad Ibrahim.

Pada kesempatan itu, Muhammad Ibrahim juga menjelaskan bahwa ada dua persyaratan untuk menganggarkan program-program kegiatan supaya dapat diakomodir dalam APBD.

“Ada dua syarat agar program-program yang diusulkan dapat dianggarkan dalam APBD, yakni  diusulkan melalui Musrembang Kabupaten yang diusulkan melalui pemerintah daerah dan usulan melalui reses DPRD, karena hal ini adalah amanat Undang-Undang,” jelasnya.

Sebelum reses tersebut, ditutup secara resmi Muhammad Ibrahim mengingatkan Camat Malangke untuk merekap seluruh usulan masyarakat dalam reses itu.

“Pak Camat tolong agar semua usulan masyarakat dalam reses ini, direkap agar nantinya kami dari DPRD Lutra sampaikan kepada Bappeda Lutra secara tertulis untuk dibahas dalam pembahasan APBD Tahun Anggaran 2018 mendatang.  Rekap itu, juga untuk menghindari tercecernya usulan-usulan tersebut,” tandasnya.

Untuk diketahui, para anggota DPRD dari Dapil 2 Lutra yang melaksanakan reses di Kecamatan Malangke, Kabupaten Lutra saat itu, selain Wakil Ketua II DPRD Lutra, Andi Sukma bersama Muhammad Ibrahim, hadir pula Yamsir, Amir Mahmud, dan H Rusli Hamid, serta Abdul Muis.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.