.

.

Friday, 6 October 2017

SMK Negeri 4 Luwu Dapat DAK Pembangunan Ruang Praktek Siswa Otomotif dan Pertanian

Kepala SMK Neg.4 Luwu, Harianto Gommo, SPd, M.Si
LUWU, Tabloid SAR- Tahun ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Luwu (Eks SMK Neg. 2 Walenrang) yang berada di Kabupaten Luwu, Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), sungguh sangat beruntung.

Pasalnya dalam waktu bersamaan sekolah tersebut, mendapatkan dua paket pembangunan Ruang Praktek Siswa (RPS) yakni, RPS Otomotif Alat Berat dan RPS Pertanian.

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala SMK Neg. 4 Luwu, Harianto Gommo, SPd, MSi, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/10/2017) siang menjelang waktu shalat Jumat.

Menurutnya, SMK Neg. 4 Luwu beruntung karena dalam waktu bersamaan mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Provinsi Sulsel Tahun Anggaran (TA) 2017.

“Sekolah kami ini, sangat beruntung karena dalam waktu bersamaan mendapatkan dua paket pembangunan RPS yang bersumber dari DAK Provinsi Sulsel. RPS tersebut untuk jurusan Otomotif Alat Berat dan RPS bagi jurusan Pertanian,” kata Harianto.

Ia menjelaskan bahwa RPS jurusan Otomotif Alat Berat itu, anggarannya sekitar Rp 800 juta lebih, sedangkan RPS jurusan Pertanian anggarannya lebih dari Rp 600 juta.

“Anggaran untuk RPS Otomotif Alat Berat lebih besar daripada anggaran RPS Petanian, karena selain volumenya berbeda, juga jumlah ruangan dan peralatan prakteknya berbeda pula. Alat prakter untuk jurusan Otomotif Alat Berat, tentu lebih mahal dari alat praktek pertanian,” jelas Harianto.

Orang yang menahkodai SMK Neg. 4 Luwu sejak tahun 2011 itu, menerangkan bahwa kedua RPS tersebut dimulai proses pembangunannya sejak September bulan lalu dan harus rampung paling lambat Desember tahun 2017.

“Sesuai MoU atau kontraknya, kedua bangunan RPS ini, akan dibangun selama 4 bulan terhitung sejak September hingga Desember mendatang,” terangnya.

Mantan Kepala SMA Neg. Bosso tersebut, mengungkapkan pula bahwa RPS Otomotif Alat Berat yang sementara dibangun itu, volumenya berukuran 12 x 21 meter dan terdiri dari 5 ruangan.

“Volume RPS Otomotif Alat Berat itu, seluas 12 x 21 meter yang terdiri dari lima ruangan yakni ruangan utama, ruangan instruktur, ruangan peralatan, dan ruangan laboratorium, serta ruangan uji bahan. Sedangkan RPS Pertanian, volumenya agak lebih kecil, karena hanya terdiri dari empat ruangan,” ungkap Harianto sembari mengatakan peruntukan masing-masing ruang pada RPS tersebut hampir sama.
Tampak bangunan RPS Otomotif Alat Berat (foto kiri) dan bangunan RPS Pertanian (foto kanan) yang sedang berlangsung kegiatan pembangunannya

Selain itu, Harianto menyatakan pula bahwa pihaknya optimis pembangunan kedua RPS di sekolah yang dipimpinnya tersebut akan selesai tepat waktu dan diupayakan sudah dapat digunakan paling lambat awal tahun depan.

“Kita berharap tidak ada kendala dan semuanya menjadi lancar selama proses pembangunan, sehingga dapat diselesaikan sesuai masa kontraknya. Kami juga optimis setelah proses pembangunannya rampung, kedua RPS itu nantinya bisa langsung dimanfaatkan, karena anggaran yang plot kali ini sudah termasuk pengadaan mobiler dan peralatan prakteknya,” tandas Harianto.

Untuk diketahui, SMK Neg. 4 Luwu sudah beberapa tahun terakhir membuka 5 jurusan setiap tahun ajaran baru, antara lain jurusan Pertanian, Kehutanan, Otomotif Alat Berat, Telkom, serta Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok  

No comments:

Post a Comment

.

.