.

.

Friday, 17 November 2017

BPBD Kabupaten Wajo Siapkan Ratusan Personil Komunitas Tangguh Bencana

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah

Alamsyah : Setiap Desa dan Kelurahan Kita Siagakan 5 Personil Komunitas Tangguh Bencana

WAJO, Tabloid SAR- Kata oran bijak, “belajar dari pengalaman adalah salah satu cara untuk tidak jatuh kedalam lubang yang sama, begitu pula dengan pentingnya belajar sejarah sehingga sejarah kelam tidak terulang”.

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah.

Menurutnya, karena sejumlah wilayah di Wajo merupakan daerah rawan bencana banjir, maka BPBD Kabupaten Wajo membentuk Komunitas Tangguh Bencana sejak tahun 2015 lalu.

“Dengan belajar dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, maka kita mengetahui bahwa sejumlah wilayah di Wajo ini masuk kategori rawan bencana banjir, sehingga BPBD Kabupaten Wajo membentuk Komunitas Tangguh Bencana hingga ketingkat desa dan kelurahan,” kata Alamsyah saat ditemui di kantornya, Jumat (17/11/2017) pagi.

Ia menyebutkan bahwa daerah yang rawan bencana banjir di Wajo adalah Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanasitolo, dan daerah sepanjang bantaran Sungai Walannae.

“Karena daerah kita rawan bencana, maka BPBD Wajo merekrut 950 personil Komunitas Tangguh Bencana yang siap siaga untuk membantu atau mengevakuasi warga jika terjadi bencana,” jelas Alamsyah.

Selain itu, Kepala BPBD Kabupaten Wajo menerangkan pula bahwa 950 personil Tangguh Bencana, tersebar pada 190 desa dan kelurahan se-Kabupaten Wajo.

“Para personil Tangguh Bencana itu, kita sebar pada seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Wajo. Mereka semua juga telah dibekali dengan berbagai macam pengetahuan dan ketrampilan melalui sejumlah pelatihan tanggap darurat guna membantu masyarakat dan pemerintah jika terjadi bencana,” terangnya.

Untuk diketahui, setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Wajo terdapat sedikitnya lima personil Komunitas Tangguh Darurat.

Berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Wajo, diperkirakan curah hujan yang tinggi akan datang pada akhir tahun ini, hingga awal tahun 2018 mendatang.

Komunitas Tangguh Bencana tidak hanya dipersiapkan untuk membantu jika bencana banjir terjadi, akan tetapi juga dipersiapkan membantu ketika terjadi bencana, baik angin putting-beliung maupun kebakaran.

Editor : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.