.

.

.

Rabu, 29 November 2017

Jika BM-SBj Kembali Berpasangan “BAIK Jilid II” Jadi Calon Terkuat pada Pilkada Luwu 2018

Foto pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BM-SBj) 
sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu 
Periode 2018-2023 yang sedang viral di facebook.
LUWU, Tabloid SAR- Dari waktu kewaktu nampaknya suhu politik pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, nampaknya semakin mengalami exkalasi politik yang semakin meningkat, seiring berjalannya waktu. Apalagi setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran bakal calon (Balon) kepala daerah melalui jalur independen.

Demikian pula dengan para Balon kepala daerah yang melalui jalur partai, tak kalah pula mengalami panasnya suhu politik, lantaran sejumlah Balon kepala daerah masih saling mengklaim bahwa didukung oleh parti ini dan itu.

Akan tetapi pada kenyataannya, belum ada sama sekali koalisi partai yang sudah dapat dikatakan final memberikan dukungannya kepada Balon tertentu. Sebab koalisi tersebut masih terus diupayakan oleh para Balon untuk semakin diperkuat dengan upaya untuk mendapat dukungan partai lainnya melalui berbagai macam cara.

Selain itu, koalisi partai yang sudah digenggam oleh Balon kepala daerah yang ingin maju bertarung pada Pilkada serentak 2018 mendatang juga masih berpotensi bubar atau berkurang selama Balon terkait belum mendaftar secara resmi ke KPU.

Begitu pula pada Pilkada Luwu 2018 mendatang, sejumlah Balon Bupati masih terus bermanuver untuk mendapatkan dukungan partai politik (Parpol) dan dukungan dari masyarakat Luwu.

Akibatnya, belum ada diantara Balon Bupati Luwu, yang berani untuk mendeklerasikan secara terbuka mengenai pasangannya atau wakilnya. Termasuk mengumumkan secara resmi partai yang sudah pasti mendukung Balon tersebut.

Kendati demikian, sudah mulai merebak issu bahwa Balon Bupati Luwu, Basmin Mattayang (BM) adalah sala satu kompetitor dalam Pilkada Luwu 2018 mendatang sudah mendapat dukungan koalisi partai yang telah mencukupi syarat pencalonan kepala daerah sesuai ketentuan KPU.

Bahkan akhir-akhir ini, mantan Bupati Luwu yang populer disapa “Obama (Om Basmin Mattayang- red)” dikabarkan telah resmi berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak (SBj).

Menurut sejumlah sumber yang layak dipercaya dari beberapa pengurus dan elit partai, mengatakan bahwa BM-SBj akan kembali berpaket dalam Pilkada Luwu 2018 mendatang.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Tabloid SAR, menyebutkan bahwa bakal pasangan calon (Paslon) BM-SBj itu, disebut-sebut akan kembali menggunakan tagline “BAIK JILID II” pada suksesi pesta demokrasi lima tahunan ini.

Meski hingga kini, Paslon BM-SBj belum melakukan deklerasi sebagai bentuk pernyataan sikap secara terbuka, jika keduanya akan kembali berpaket. Akan tetapi nampaknya Paslon tersebut, sudah banyak disosialisasikan oleh sejumlah tim sukses kepada masyarakat Luwu.

Menariknya karena masyarakat Luwu secara umum sejak awal banyak mengharapkan agar keduanya dapat kembali berpaket menjadi Paslon Bupati Luwu dan Wakil Bupati Luwu pada Pilkada serentak 2018 mendatang.

Bahkan foto-foto Paslon BM-SBj ini, sudah mulai massif beredar di media-media sosial. Pada foto tersebut, tampak bertuliskan “SETIA BERSAMA RAKYAT ! Basmin Mattayang-Syukur Bijak, Calon Bupati Luwu & Wakil Bupati Luwu Periode 2018-2023” sebagaimana yang banyak diunggah pada sejumlah akun facebook.

Terkait dengan hal itu, sejumlah tokoh masyarakat di daerah Luwu, tak terkecuali dari kalangan aktivis LSM menuturkan, bahwa jika BM-SBj kembali berpaket dan menggunakan tagline “BAIK Jilid II” maka Paslon tersebut akan menjadi calon terkuat pada Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Hal tersebut, disampikan oleh Direktur Lembaga Independen Pemerhati dan Pemberdayaan Masyarakat Luwu Raya (LIP2MLR), Yunus Renta, saat bertandang ke Redaksi Tabloid SAR baru-baru ini.

Yunus Renta adalah salah satu tokoh aktivis LSM yang berdomisili di wilayah Walmas (Walenrang-Lamasi) Kabupaten Luwu.

Menurutnya, Paslon BM-SBj adalah kandidat yang mendapat dukungan sangat luas dari masyarakat Luwu, itu karena mereka meyakini bahwa Paslon tersebut, dinilai dapat mewujudkan kemajuan pembangunan untuk mensejaterahkan masyarakat Luwu.

Kata dia, jadi kita tidak perlu lagi meragukan reputasi kepemimpinan Basmin Mattayang, sebab sebelumnya Beliau sudah membuktikan ketika menjadi Bupati Luwu satu periode, dimana kemajuan pembangunannya sangat nampak dan dapat dirasakan manfaatnya hingga kepelosok desa-desa di Kabupaten Luwu.

“Seandainya Beliau kembali terpilih menjadi bupati, maka kemajuan pembangunan Kabupaten Luwu akan terdepan di Sulsel,” tandasnya.

Hal senada bahkan juga disampaikan oleh salah satu Balon Bupati Luwu. Menurutnya, bahwa Paslon BM-SBj adalah kandidat Balon terkuat pada Pilkada Luwu 2018 mendatang.

“Saya mengakui itu dan saya juga mengagumi Pak Basmin, sebagai pemimpin yang berjiwa membangun,” tutur salah satu Balon Bupati Luwu saat berbincang-bincang dengan wartawan Tabloid SAR pada suatu kesempatan.

Hanya saja Balon yang satu ini, minta agar namanya tidak disebut (of the record).

“Tapi jangan ditulis yaa kalau saya berstatemen demikian, itu of the record,” ujar Balon tersebut saat meminta agar namanya tidak disebutkan bahwa pihaknya mengakui kekuatan Paslon BM-SBj jika berpasangan dalam Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Lebih lanjut Balon tersebut, menuturkan bahwa Basmin Mattayang dan Syukur Bijak adalah dua tokoh masyarakat Kabupaten Luwu yang jiwa kepemimpinannya tidak perlu diragukan lagi.

“Kedua tokoh itu sangat berkarakter, serta mengerti dan paham keinginan masyarakat Kabupaten Luwu yang mendambakan pembangunan dan kesejateraan,” ujarnya.

Walau begitu, karena Pilkada adalah politik, sambung dia, saya juga tetap berkomitmen untuk maju bertarung.

“Jadi ini politik loh, semua bisa berubah dalam waktu yang sangat singkat. Seperti halnya, kita tidak pernah menyangka jika Pak Basmin dan Syukur Bijak dapat dikalahkan oleh pasangan Cakka (Andi Mudzakkar- red) dan Amru Saher pada Pilkada Luwu yang lalu. Jadi realitas politik yang demikian dan dorongan masyarakat menjadi motivasi saya, sehingga saya menyatakan maju pada Pilkada Luwu 2018 mendatang,” tandasnya.

Penulis   : Ories
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.