.

.

Wednesday, 8 November 2017

Kepala BPBD Lutra Kunjungi RSUD Andi Djemma Masamba, Bahas Kesiapsiagaan Bencana dan Jalur Evakuasi

Kedua dari kiri Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr Hariadi saat menerima Kepala BPBD Lutra, Alauddin Sukri bersama jajarannya di ruang kerjanya, Rabu (8/11/2017). 
LUTRA, Tabloid SAR- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara (Lutra), Alauddin Sukri mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Andi Djemma Masamba, Rabu (8/11/2017).

Dalam kunjungan itu, Alauddin bertemu dengan Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr Hariadi. Pada pertemuan tersebut, Alauddin menyampaikan pentingnya standarisasi jalur evakuasi di RSUD yang dinahkodai dr Hariadi.

“Pemenuhan standarisasi jalur evakuasi bertujuan sebagai upaya kesiap-siagaan dalam mengantisipasi bencana dalam rangka pengurangan resiko atau dampak bencana di RSUD Andi Djemma Masamba,” ujarnya.

Selain itu, Alauddin berharap agar Diretur RSUD Andi Djemma Masamba bersama BPBD Lutra dan stakeholder terkait, serius untuk memenuhi serta menyiapkan standar dan prosedur penentuan jalur evakuasi di rumah sakit terbesar di Ibukota Kabupaten Lutra itu.

Sementara, Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr Hariadi dalam pertemuan itu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada BPBD Lutra yang membantu memikirkan jalur evakuasi dan kesiap-siagaan bencana di rumah sakit yang dipimpinnya.

Menurutnya, rumah sakit memang sangat membutuhkan hal tersebut, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka upaya penyelamatan melalui jalur evakuasi diyakini dapat mengurangi korban dan efek daripada bencana itu.

“Insyah Allah dalam waktu dekat ini, kami akan mengusulkan dan meminta dukungan DPRD Lutra supaya standarisasi, serta kesiapsiagaan terhadap bencana dan jalur evakuasi di rumah sakit ini dapat segera terpenuhi,” kata dr Hariadi.

Ia juga berharap kepada BPBD Lutra untuk membantu memikirkan pengurangan resiko bencana di RSUD Andi Djemma Masamba.

Berdasarkan data pada Bagian Tata Usaha RSUD Andi Djemma Masamba, diketahui bahwa sekitar 1.512 jiwa penduduk Lutra yang setiap harinya berada di rumah sakit itu.

Jumlah tersebut terdiri dari PNS sebanyak 382 orang, tenaga honorer 470 orang, dan pasien rata-rata 220 orang, serta penunggu pasien sekitar 440 orang setiap harinya. Termasuk para pembesuk pasien. Diketahui pula jumlah bangunan di RSUD Andi Djemma Masamba terdiri dari 26 unit.

Pimpinan kedua instansi dalam pertemuan itu, sepakat untuk menggelar pertemuan resmi dalam waktu dekat ini, guna membahas kesiapsiagaan bencana dan standarisasi jalur evakuasi di RSUD Andi Djemma Masamba.

Turut hadir dalam pertemuan itu, diantaranya Kabid Kesiapsiagaan Bencana BPBD Lutra, Irwan bersama Kasubid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Lutra, Rahmat Ansari, serta Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lutra, Masdar.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.