.

.

.

Sabtu, 18 November 2017

Puskesmas Malangke Gelar Pembinaan Nelayan dan Pembentukan Pos UKK di Desa Takkalala

Dari kiri kekanan, dr. Yustikartika Eka, Kepala Puskesmas Malangke, Darksalam SKM, Kamaruddin dan Kades Takkalala, Nasrianti SPd
LUTRA, Tabloid SAR- Dalam rangka mengurangi terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit atau perubahan kesehatan pada pekerja yang berprofesi sebagai nelayan, Puskesmas Malangke bekerjasama dengan Pemerintah Desa Takkalala, menggelar pembinaan dan pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK).

Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Takkalala, Nasrianti di Kantor Desa Takkalala, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (17/11/2017).

Dalam sambutannya, Kades Takkalala, Nasrianti mengapresiasi Kepala Puskesmas Malangke beserta jajarannya dan segenap warga Desa Takkalala yang hadir saat itu.

Kendati demikian, Nasrianti mengaku pihaknya juga kecewa karena warga yang hadir pada kegiatan itu, kurang maksimal.

“Sebenarnya jika melihat jumlah peserta yang hadir saat ini, saya kecewa karena sebelumnya kami sudah mengundang warga Desa Takkalala utamanya yang berprofesi sebagai nelayan, guna mengikuti kegiatan ini. Pada hal semua undangan sudah disampaikan kepada sembilan pemilik kapal nelayan, termasuk para nelayan yang ada di Dusun Rampoang,” kata Nasrianti dengan rada kecewa.

Sementara Kepala Puskesmas Malangke, Darksalam dalam kesempatan itu, mengungkapkan bahwa ia merasa tergelitik jika ada kecelakaan kerja terjadi, lalu korbannya sama persis kondisinya dengan korban-korban sebelumnya.

“Saya sangat tergelitik jika melihat korban kecelakaan kerja yang menimpa para nelayan, apa lagi jika kondisinya sama persis dengan peristiwa kecelakaan sebelumnya yang dialami nelayan lainnya. Karena hal demikian bahagian dari tanggungjawab saya,” ujar Darksalam.

Ia menambahkan bahwa kehadiran dirinya bersama jajarannya pada kegiatan itu, merupakan bahagian dari upaya mengadvokasi para nelayan agar terhindar dari kecelakaan kerja.

“Kehadiran kami di sini, untuk memberikan ilmu dan pengetahuan yang berkaitan dengan keterampilan penyelaman agar para nelayan terhindar dari kecelakaan kerja,” terang Darksalam.

Hal senada diungkapkan oleh salah satu dokter dari Puskesmas Malangke, dr. Yustikartika Eka.

Menurutnya, dalam aktivitasnya terkadang para nelayan yang menyelam mengalami kecelakaan kerja seperti lumpuh bahkan hingga meninggal dunia.

“Jika menyelam, nelayan biasanya mengalami reziko penyakit seperti, perubahan psikologis organ paru-paru yaitu hipo pentilasi dan otak mengalami penurunan intelektual, serta psikomotor dan psiko sensorial secara bertahab. Termasuk potensi bahaya hazard biologis karena sengatan atau gigitan mahluk di dalam air saat menyelam,” jelas dr. Yustikartika.

Selain itu dokter cantik tersebut, juga menambahkan bahwa prosedur penyelaman yaitu kondisi fisik harus prima, saat naik kepermukaan harus perlahan mengikuti gelembung gas pernafasan, dan jangan menahan nafas waktu naik kepermukaan, serta jangan panik.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu seusai menggelar pembinaan UKK, selanjutnya dilaksanakan pembentukan Pos UKK Desa Takkalala.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, selain Kepala Puskesmas Malangke beserta jajarannya dan aparat desa setempat, hadir pula Tim PKK Desa Takkalala, para tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, serta para nelayan setempat.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.