.

.

Rubrik

.

Kamis, 28 Desember 2017

Desa Balutan Gelar Rapat Penetapan RKPD Tahun Anggaran 2018

Kepala Desa Balutan Rusli Paembe (tengah) diapit oleh Ketua BPD Balutan dan Pendamping Lokal Desa Hasbi saat memimpin rapat penetapan RKPD TA 2018
Sejumlah Program Ditetapkan sebagai Skala Prioritas

LUWU, Tabloid SAR- Desa Balutan, Kecamatan Bua Ponrang (Bupon), Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan menggelar rapat penetapan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPD) Balutan Tahun Anggaran (TA) 2018 di kantor desa setempat, Selasa (26/12/2017).

Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Balutan Rusli Paembe dan dihadiri seluruh aparat desanya, hadir pula Ketua BPD Balutan beserta seluruh anggotanya dan para tokoh masyarakat, serta tokoh agama dan pemuda.

Dalam kesempatan itu, Kades Balutan menyampaikan kepada masyarakatnya bahwa rapat penetapan RKPD TA 2018 tersebut, setiap akhir tahun wajib dilaksanakan.

“Rapat ini, wajib kita laksanakan setiap akhir tahun guna menetapkan kegiatan-kegiatan atau program prioritas yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Balutan  pada tahun mendatang,” jelas Rusli.

Selain itu, Rusli juga meminta kepada seluruh peserta rapat untuk mengajukan usulannya guna ditetapkan sebagai RKPD Balutan di tahun 2018 mendatang.

Sementara, Pendamping Lokal Desa (LPD) Hasbi yang juga hadir dalam rapat tersebut, menghimbau kepada seluruh stakeholder terkait di dalam pengelolaan keuangan desa baik Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa (ADD) agar kiranya mengelola atau memanfaatkan Dana Desa dan ADD sesuai dengan Juknis (petunjuk teknis- red) yang ada.

“Dalam kesempatan ini, saya mengingatkan kepada seluruh jajaran Pemerintah Desa Balutan agar kiranya mengelolah keuangan desa sesuai dengan Juknisnya. Hal itu, penting guna menghindari jeratan hukum,” himbaunya.

Untuk diketahui, pada TA 2017 ini, Desa Balutan menerima kucuran Dana Desa dari APBN sebanyak Rp 971 juta dan ADD sekitar Rp 300 juta lebih yang bersumber dari APBD Kabupaten Luwu.

Dalam rapat penetapan RKPD Balutan TA 2018 itu, disepakati sebagai program prioritas diantaranya, pembangunan 20 unit MCK (mandi, cuci, dan kakus- red), dan pembangunan talut masing-masing sepanjang 180 meter di Dusun Bilante, 700 meter di Dusun Salu Saga, 120 meter di Dusun Katangka dan 300 meter di Dusun Balutan.

Disetujui pula secara mufakat untuk membangun rabat beton 447 meter, penimbunan bahu jalan sepanjang 117 meter, draenase 300 meter, dan pelebaran jalan sepanjang 2.500 meter, serta penambahan modal untuk BumDes sebanyak Rp 30 juta.

Penulis   : Abdul Rahman
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.