.

.

.

Senin, 11 Desember 2017

Forum Komunikasi LSM-Pers Kabupaten Lutra Peringati HAKI di Malangke Barat

Dari kiri kekanan, Koordinator Forum Komunikasi LSM-Pers Kabupaten Lutra, Almarwan foto bersama Anggota DPRD  Lutra, Karimuddin
LUTRA, Tabloid SAR- Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh setiap tanggal 9 Desember di isi dengan berbagai kegiatan oleh Forum Komunikasi LSM-Pers Kabupaten Luwu Utara (Lutra) di Lapangan Datuk Sulaiman Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat (Malbar), Minggu (10/12/2017).

Kegiatan yang diselenggarakan LSM-Pers tersebut antaralain, jalan santai, penyampaian aspirasi melalui orasi damai, sosialisasi tentang peran serta masyarakat dalam mengawal pembangunan desa, lomba musik religi, sepak bola, dan bola volly.

Dalam peringatan HAKI kali ini, LSM-Pers Lutra mengangkat tema kegiatan yang bertajuk Anti Korupsi Lutra.

Supriadi Mukmin dalam sambutannya selaku Ketua Panitia Peringatan HAKI Tahun 2017, mengatakan bahwa tujuan Forum Komunikasi LSM - Pers menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam peringatan HAKI adalah untuk mengingatkan kepada penyelenggara negara agar lebih mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan dan memberikan informasi secara transparan terkait pengelolaan kegiatan dan keuangan negara.

“Kegiatan ini, juga bertujuan untuk mengajak seluruh komponen bangsa termasuk seluruh aparatur negara agar belajar membiasakan diri untuk hidup jujur. Termasuk bahagian dari memberikan motifasi kepada aparat penegak hukum dalam menumpas praktek korupsi di republik ini, serta merupakan bentuk dukungan penguatan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Supriadi.

Sementara, Koordinator Forum Komunkasi LSM-Pers Lutra, Almarwan menyatakan pihaknya merasa sangat kecewa dengan tindakan Camat Malbar, Sulpiadi dan beberapa Kepala Desa di Kecamatan Malbar karena tidak menghadiri kegiatan tersebut, meski kegiatan diselenggarakan tepat di depan Rumah Jabatan (Rujab) Camat Malbar.

Selain itu, Almarwan juga mengatakan bahwa mereka merasa terhormat karena kegiatan tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan komunitas anti korupsi di Kecamatan Malbar.

Dalam kesempatan tersebut, Almarwan juga menegaskan bahwa dengan kejujuran saja tidak cukup untuk mencegah praktek korupsi, namun untuk melawan korupsi dibutuhkan sikap konsistensi dan keberanian dalam mengingatkan pelaksana kegiatan jika terjadi penyimpangan, termasuk melaporkan penyimpangan itu kepada aparat penegak hukum jika berpotensi mengakibatkan kerugian negara.

“Dalam jajaran pemerintah juga dibutuhkan sikap jujur, konsisten dan berani dalam mengingatkan sesama aparatur penyelenggara negara dan mitra pemerintah, jika ada penyimpangan yang berpotensi merugikan keuangan Negara. Begitu juga dalam lingkungan masyarakat dan sekolah juga dibutuhkan sikap berani, jujur dan konsisten guna melawan praktek korupsi,” tegasnya.

Kendati demikian, rasa kecewa para penyelenggara peringatan HAKI, semakin bertambah ketika diketahui bahwa Camat Malbar, Sulpiadi sedang berada dalam Rujabnya saat kegiatan sedang berlangsung namun ia hanya diwakili membawakan sambutannya  dalam kegiatan tersebut.

Untuk diketahui seluruh pengurus dan anggota LSM-Pers Kabupaten Lutra hadir dalam kegiatan ini.

Hadir pula, anggota DPRD Lutra, Karimuddin, Badan Koordinasi Antar Desa, Ilyas, Kelompok PKK Malbar, Panwas Kecamatan Malbar, Plt Kades Pengkajoang dan tokoh masyarakat, serta para guru beserta muridnya.

Menariknya karena para peserta jalan santai meneriakkan yel-yel anti korupsi selama long march. Tampak pula dalam kegiatan tersebut, para Panitia Peringatan HAKI mengenakan kostum bertuliskan “Berani Jujur Hebat”.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.