.

.

Rubrik

.

Senin, 29 Januari 2018

Akhir Bulan Ini Kepala SMP Negeri 9 Palopo Usnaim Rulo Pensiun

Kepala SMP Negeri 9 Palopo
Usnaim Rulo, SPd : Saya Bersyukur dapat Menjalankan Tugas Hingga Pensiun

PALOPO, Tabloid SAR- Setelah mengabdi sekitar 36 tahun sebagai tenaga pengajar (guru- red), Usnaim Rulo akhirnya pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan terakhir sebagai Kepala SMP Negeri 9 Palopo.

Menurut Kepala SMP Negeri 9 Palopo itu, pihaknya bersyukur karena dapat menjalankan tugasnya selaku tenaga pengajar hingga pensiun.

“Saya bersyukur karena bisa menjalankan tugas sebagai tenaga pengajar hingga memasuki masa pensiun pada usia saya yang ke-60 tahun,” ujar Usnaim saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/1/2018) siang.

Selain bersyukur, ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah bekerjasama dengan dirinya selama menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tentu selain bersyukur, saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru, komite sekolah, para orangtua murid, dan para siswa-siswi saya yang selama ini telah bekerjasama dengan baik. Termasuk kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah, terutama instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan,” kata Usnaim.

Lebih lanjut, Usnaim menceritakan bahwa dirinya memulai karir sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fisika pasca menyelesaikan studinya pada program Diploma III (DIII) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujungpandang yang saat ini kita kenal dengan sebutan Universitas Negeri Makassar (UNM) pada tahun 1980.

Pada tahun 1982 Usnaim lulus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan mulai mengajar sebagai guru IPA Fisika di SMP Katolik Mesawa di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Polewali Mamasa (Polmas), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada saat itu, Polmas belum mekar dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Setelah mengajar selama 2 tahun di SMP Katolik Mesawa pada tahun 1984, Usnaim kemudian dipindah tugaskan di SMP Negeri 5 Palopo. Di sekolah ini, ia mengajar sebagai guru IPA Fisika selama 28 tahun.

Pada Desember 2012, Usnaim diangkat menjadi Kepala SMP Negeri 13 Palopo di Kelurahan Kambo, Kecamatan Mungkajang hingga tanggal 15 Juli 2015, kemudian dipindah tugaskan lagi menjadi Kepala SMP Negeri 9 Palopo sampai saat ini.

Pada kesempatan itu, alumni tahun 2005 program SI jurusan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Cokroaminoto Palopo tersebut, juga mengungkapkan rasa suka dan dukanya selama mengabdi sebagai seorang guru.

“Saya pikir semua guru perasaannya sama, yakni merasa sangat terpukul jika ada siswa-siswinya yang gagal atau tidak lulus ujian, namun kita juga sangat bahagia dan bersukacita, jika anak-anak didik kita meraih prestasi gemilang,” ungkap Usnaim.

Kepala SMP Negeri 9 Palopo yang akan memasuki masa pensiunnya pada tanggal 31 Januari 2018 pekan ini, juga menerangkan bahwa pihaknya tidak merencanakan acara khusus untuk merayakan masa pensiunnya itu.

“Selain acara serah terima jabatan dengan Kepala SMP Negeri 9 Palopo yang baru nanti, saya tidak merencanakan acara khusus terkait masa pensiun ini, baik di sekolah maupun di rumah,” terangnya.

Usnaim juga mengatakan hingga kini, pihaknya belum merencanakan apa-apa yang akan menjadi aktivitas khususnya dalam mengisi masa pensiunnya nanti, selain meluangkan waktu lebih banyak bagi keluarga dan anak, serta cucunya.

Meski demikian, orang yang menahkodai SMP Negeri 9 Palopo selama dua setengah tahun tersebut, mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima surat pensiunnya.

“Saya belum menerima surat pensiun saya, kalaupun masa pensiun saya tinggal dua hari kedepan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Usnaim selama memimpin SMP Negeri 9 Palopo banyak prestasi gemilang yang diraih siswa-siswinya., baik prestasi akademik maupun non akademik.

Prestasi non akademik yang berhasil diraih anak didiknya baru-baru ini adalah juara umum 1 pertandingan Futsal antar SMP se-Kota Palopo dan juara 3 Futsat antar SMP tingkat Provinsi pada tahun 2017.

Sedangkan prestasi akademik pada lomba Seni Lukis yang baru saja diraih siswa SMP Negeri 9 Palopo yaitu juara umum 1 tingkat Kota Palopo dan juara 3 tingkat Sulsel, serta berbagai macam prestasi gemilang lainnya.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.