.

.

Rubrik

.

Selasa, 09 Januari 2018

Bupati Lutra Hadiri Pengukuhan Pengurus IKAT dan Perayaan Natal Sang Torayan

Bupati Lutra Indah Putri Indriani ketika membawakan sambutannya dalam acara Pengukuhan Pengurus IKAT Lutra yang dirangkaikan dengan perayaan Natal Sang Torayan di Gereja Toraja Jemaat Imanuel Kelurahan Salassa Kecamatan Baebunta Kabupaten Lutra, Sabtu (6/1/2017)

LUTRA, Tabloid SAR- Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Toraja (IKAT ) Lutra periode 2017-2020 yang dirangkaikan dengan perayaan Natal Sang Torayaan di Gereja Toraja Jemaat Imanuel  Kelurahan Salassa, Kecamatan Baebunta Kabupaten Lutra, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/1/2018).

Pengukuhan ini, dilakukan oleh Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia ( PMTI) Frederik Batong.

Dalam kesempatan tersebut, Frederik mengatakan bahwa pihaknya berharap agar para Pengurus IKAT Lutra dapat menjadikan IKAT sebagai wadah untuk menghimpun dan menaungi masyarakat Toraja yang ada di Lutra.

“Kami berharap agar para Pengurus IKAT yang baru saja dikukuhkan dapat menyatukan dan menaungi seluruh rumpun keluarga Toraja yang tersebar di Kabupaten Luwu Utara. Karena sejatinya IKAT harus menjadi wadah untuk mempersatukan dan menaungi masyarakat asal Toraja di daerah ini,” seru mantan Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar tersebut.

Selain itu, Frederik juga menghimbau agar IKAT Lutra dapat menyelenggarakan perayaan Natal Sang Torayan secara rutin setiap tahunnya.

“Kami berharap agar IKAT Lutra dapat mengagendakan perayaan Natal Sang Torayan setiap tahunnya. Karena dalam momentum perayaan suka cita Natal demikian, segenap anggota IKAT atau rumpun Toraja dapat bertatap muka secara langsung agar lebih dekat dan saling mengenal antara satu dengan yang lainnya. Jadi kongkritnya, momentum Natal Sang Torayan dapat menjadi ajang konsolidasi dan silaturahmi antar keluarga Toraja di Luwu Utara,” himbau tokoh masyarakat Toraja yang berdomisili di Jakarta itu.

Natal Sang Torayaan tersebut, mengangkat Thema : “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu”. Tema itu, diambil dari Injil Kolose 3:15.

Pada kesempatan ini, Ketua Panitia Natal Sang Torayan Paulus Palino dalam laporannya mengapresiasi seluruh anggota dan pengurus IKAT Lutra, termasuk Pemda Lutra yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Usai menyampaikan laporan panitia, Paulus juga menjelaskan makna dari tema Natal itu.

“Tema Natal kita kali ini,  mengingatkan kita bahwa anak- anak Allah di kolong bumi ini seharusnya berdamai dengan semua ciptaan Tuhan dan juga mengingatkan bahwa karena Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupanya, maka setiap manusia dituntut untuk memupuk perdamaian di muka bumi ini,” jelas Paulus.

Sementara, Ketua IKAT Lutra Marthina Simon dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini, IKAT Lutra belum pernah menyelenggarakan perayaan Natal Sang Torayan.

“Kita patut bersyukur karena kali ini, IKAT Luwu Utara dapat menyelenggarakan perayaan Natal Sang Torayan. Ini kali pertama kita merayakan Natal bersama segenap rumpun keluarga Toraja di Luwu Utara. Semoga pada tahun-tahun berikutnya IKAT Lutra tetap dapat melaksanakan perayaan serupa,” ujar Marthina di depan ribuan rumpun Toraja yang hadir.

Sedangkan, Bupati Lutra Indah Putri dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemda Lutra sangat mendukung pelaksanan Pengukuhan Pengurus IKAT dan Perayaan Natal Sang Torayaan itu.

Bupati cantik itu, juga berharap melalui Natal Sang Torayan tersebut, segenap anggota IKAT Lutra dapat menghayati dengan sungguh- sungguh makna kedamaian dan perdamaian antar sesama umat manusia.

Tampak hadir dalam acara ini, mantan Bupati Lutra H Arifin Junaedi, Makole Baebunta Andi Masita Kampasu, Kapolres Lutra AKBP Boy FS Samola, sejumlah Anggota DPRD Lutra, Ketua IKAT Palopo, Luwu Timur, Papua dan Ketua IKAT Jerman Mr Phiter Edison.

Hadir pula, Plt Camat Baebunta Jumail Mapile dan Lurah Salassa A.Dwifo, serta sejumlah Kepala Desa di Lutra, termasuk para insan pers.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.