.

.

Wednesday, 10 January 2018

Bupati Lutra Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling dan Melaunching Ruang Baca Mandiri

Bupati Lutra Indah Putri Indriani menandantangani Berita Acara Serah Terimah Mobil Perpustakaan Keliling di Pasar Sentral Masamba, Rabu (10/1/2018).
Indah Putri Indriani : Indikator Keberhasilan Sebuah Perpustakaan Adalah Tergantung dari Jumlah Pengunjungnya

LUTRA, Tabloid SAR- Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani serahkan satu unit Mobil Perpustakaan Keliling kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersida) Kabupaten Lutra Mahruddin.

Penyerahan mobil tersebut, dilakukan secara simbolis di Pasar Sentral Masamba, Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, Kabupaten Lutra, Sulawesi Selatan, Rabu (10/1/2017).

Selain itu, Bupati Lutra juga menandatangani Berita Acara Serah Terimah Mobil Perpustakaan Keliling tersebut dan melaunching Ruang Baca Mandiri Pasar Sentral Masamba dengan melakukan penguntingan pita sebagai simbol peresmian ruang baca itu.

Dalam kesempatan itu, Indah mengatakan bahwa indikator keberhasilan sebuah perpustakaan adalah tergantung dari jumlah pengunjungnya dan keberhasilannya juga dapat dilihat dari bagaimana fasilitas tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat.

Bupati cantik tersebut, menambahkan bahwa perpustakaan merupakan wadah yang memberikan layanan informasi dalam mengimplementasikan upaya peningkatan minat dan budaya baca masyarakat.

“Melalui program dan kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lutra, kita akan mengupayakan realisasi RPJMD Lutra tahun 2016-2021 yakni mewujudkan pendidikan berkualitas, presrasi kepemudaan, dan ketahanan budaya, serta upaya mewujudkan target pencapaian kinerja layanan bidang perpustakaan yaitu meningkatkan akses kualitas layanan pendidikan dan literasi masyarakat Lutra,” jelas Indah.

Sementara, Kepala Dispersibda Lutra Mahruddin dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa hal itu, dilaksanakan dalam rangka menjawab tantangan mengenai rendahnya minat baca masyarakat dan sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan mobil ini, perpustakaan tidak lagi menjadi sasaran untuk dikunjungi, akan tetapi perpustakaanlah yang akan mengunjungi masyarakat,” ujar Mahmuddin.

Ia juga menjelaskan bahwa Mobil Perpustakaan Keliling tersebut, dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti, TV LED, genset, laptop, modem, proyektor, layar proyektor dan buku sebanyak 800 exlamper dengan 400 judul.

Tampak hadir pada acara ini, Sekda Lutra Abdul Mahfud, para Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah- red) lingkup Pemda Lutra.

Hadir pula Kepala Pasar Sentral Masamba, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, serta  insan pers.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.