.

.

.

Rabu, 24 Januari 2018

Ini Program Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Torut Tahun 2018

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Torut, Barnetje S.Toban tengah memimpin rapat

Barnetje S.Toban : Program Kami Tahun Ini adalah Mewujudkan Ketahanan Pangan yang Tangguh dan Berkelanjutan di Kabupaten Torut

TORAJA, Tabloid SAR- Dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara (Torut) terkait dengan masalah ketahanan pangan, maka Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Torut menyusun sejumlah program dan rencana kegiatan tahun 2018.

Program dan rencana kegiatan tahun 2018 tersebut, disusun sedemikian rupa guna mewujudkan visi misi kepala daerah setempat, yakni terwujudnya ketahanan pangan yang tangguh dan berkelanjutan.

Tentu untuk pencapaian visi misi ini, seluruh program dan kegiatan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Torut, mestinya bisa terukur, serta mempunyai manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Torut Barnetje S. Toban.

Menurutnya, target pencapaian program dan kegiatan dinas yang dinahkodainya adalah mewujudkan ketahanan pangan melalui program dan kegiatan yang berkualitas dengan menggunakan data dan perhitungan yang akurat.

“Untuk mengimplementasikan sebuah program atau kegiatan, maka kita mesti menggunakan data dan perhitungan yang akurat. Seperti perhitungan neraca bahan makanan, dan perhitungan pola pangan harapan, serta food security and vulneralbility atlas,” kata Barnetje saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Ia menambahkan bahwa dinas yang dipimpinnya saat ini, tengah fokus  memberdayakan masyarakat agar hidup sehat, melalui penanganan keamanan pangan, dan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

“Dalam program pemberdayaan tersebut, kami terus berupaya mendorong masyarakat Torut untuk memanfaatkan pekarangan rumah mereka,” jelasnya.

Selain itu, Barnetje menerangkan bahwa dengan program perberdayaan demikian, maka harga pangan di pasaran akan tetap stabil, dan cadangan pangan masyarakat tetap tersedia.

“Kalau pekarangan rumah warga dimanfaatkan untuk menanam lombok atau cabai, dan sayur-sayuran, maka tentunya mereka tidak perlu lagi beli di pasar. Jadi dengan program semacam ini, selain hemat juga membuat masyarakat mampu memenuhi sebagian kebutuhan pangannya secara mandiri,” terang Kadis Ketahanan Pangan Torut.

Untuk diketahui, misi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Torut adalah meningkatkan SDM dan kelembagaan ketahanan pangan, meningkatkan ketersediaan pangan dan penanganan daerah rawan pangan, meningkatkan aksebilitas distribusi pangan dan stabilisasi harga pangan, serta meningkatkan keanekaragaman konsumsi pangan lokal dan penanganan keamanan pangan.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.