.

.

Rubrik

.

Jumat, 26 Januari 2018

Jumat Bersih, Warga Desa To’ Lemo Gotong-Royong Bersihkan Lapangan Sepakbola

Kades To' Lemo, Udding SE (kelima dari kiri) diapit oleh Ketua Karang Taruna Desa To' Lemo (kiri) dan Babinsa setempat, foto bersama dengan aparat desanya dan warga setempat se-usai bergotong-royong membersihkan Lapangan Sepakbola  To' Lemo di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Jumat (26/1/2018) pagi. 

Udding, SE : Pembangunan Fisik Infrastruktur Desa Memang Penting, Namun Tak Kalah Pentingnya adalah Membangun Kesadaran, Karakter dan Pola Pikir Masyarakat Desa Ini

LUWU, Tabloid SAR- Meski baru dilantik pada bulan Desember 2017 lalu, namun Kepala Desa (Kades) To’ Lemo Udding sudah mulai melakukan sejumlah terobosan untuk membangun desa yang dinahkodainya.

Hal tersebut, nampak jelas ketika Udding mengajak warganya untuk bergotong-royong membersihkan sebuah lapangan sepakbola tak terurus yang berada tak jauh dari Kantor Camat Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Jumat (26/1/2018).

Gotong-royong yang dikemas dalam kegiatan Jumat Bersih tersebut, melibatkan seluruh aparat dan perangkat Desa To’Lemo, Karang Taruna, warga setempat dan Babinsa yang bertugas di desa itu.

Menurut Kades To’ Lemo  bahwa kegiatan itu, dilaksanakan bukan semata-mata untuk membersihkan Lapangan Sepakbola To’Lemo yang selama ini kurang bersih, sehingga sarana olahraga tersebut dapat berfungsi kembali sebagaimana mestinya. Akan tetapi momentum Jumat Bersih tersebut, juga dimanfaatkan untuk membangun kesadaran, dan karakter, serta pola pikir masyarakatnya.

“Kegiatan ini, memiliki tujuan yang begitu banyak dan mulia. Salah satunya adalah untuk kembali membangun tradisi gotong-royong yang sejak dahulu kalah dipraktekkan para leluhur kita, namun kini tradisi demikian kian memudar dan lapuk seiring berjalannya waktu karena tergerus oleh perkembangan budaya modern yang individualistik,” kata Udding.

Pada kesempatan itu, pria yang menahkodai Desa To’ Lemo tersebut, juga menegaskan bahwa jika tidak membangun kesadaran dan karakter, serta pola pikir masyarakatnya, maka pembangunan fisik yang dilakukan hanya akan sia-sia.

“Pembangunan fisik infrastruktur desa memang penting, namun tak kalah pentingnya adalah membangun kesadaran, karakter dan pola pikir masyarakat desa ini. Karena pembangunan fisik akan sia-sia saja jika tanpa disertai pembangunan manusianya,” jelas Udding.

Selain itu, Udding menerangkan pula bahwa gotong-royong membersihkan sarana olahraga ini dilakukan agar lapangan tersebut dapat difungsikan kembali.

“Jika lapangan ini, kita tidak urus atau tidak dibersihkan maka tentunya tidak dapat digunakan sebagai sarana olahraga. Fasilitas ini, Insyah Allah sudah dapat kita manfaatkan pada pelaksanaan sejumlah rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal, 17 Agustus mendatang,” ujarnya.

Ia mengakui, bahwa dengan bergotong-royong hari ini tentu lapangan tersebut, tidak mungkin dapat dibersihkan secara keseluruhan. Namun jika dilaksanakan setiap waktu pelaksanaan Jumat Bersih selama empat pekan kedepan, maka tentunya lapangan itu dapat dinormalkan dan sudah dapat difungsikan kembali sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut, Udding mengatakan bahwa pada kegiatan Jumat Bersih berikutnya, ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk melibatkan lebih banyak lagi masyarakatnya.

“Kedepannya kami akan mengupayakan lebih banyak lagi komponen masyakat kami untuk terlibat aktif dalam kegiatan Jumat Bersih. Kalau hari ini-kan baru melibatkan Karang Taruna dan aparat, serta perangkat desa dan masyarakat sekitar. Pekan depan kita upayakan keterlibatan para remaja Masjid dan pemuda-pemudi Gereja,” tuturnya.

Kades To’ Lemo juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan Jumat Bersih tersebut.

“Terima kasih kepada bapak/ibu dan saudara-saudari sekalian atas partisipasinya bergotong-royong membersihkan lapangan kita ini. Semoga pada peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal, 17 Agustus mendatang lapangan kita ini, dapat menjadi pusat kegiatan perayaan hari bersejarah bagi bangsa kita ini pada tingkat kecamatan di Lamasi Timur ini,” ucap Udding seusai bergotong-royong sembari mengajak yang hadir untuk foto bersama.

Penulis   : Jirham
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.