.

.

Wednesday, 10 January 2018

Kabag Humas Pemkot Membantah Issu Pemecatan Ketua RW dan RT di Palopo

Kabag Humas Pemkot Palopo Eka Sukmawaty

Eka Sukmawaty : Informasi Seperti Itu Tidak Benar, Karena Ketua RW dan RT yang Diganti  Memang Sudah Habis Masa Kerjanya

PALOPO, Tabloid SAR – Di tengah memanasnya konstelasi politik menjelang tahapan pendaftaran pasangan calon di KPU yang akan maju bertarung pada Pilkada Serentak 2018 ini. Di mana Kota Palopo salah satu daerah yang juga menggelar event demokrasi lima tahunan, untuk memilih pasangan Walikota-Wakil Walikota periode 2018-2023.

Nampaknya berbagai issupun mulai mencuat ke permukaan yang kemudian menjadi konsumsi publik.

Salah satunya, mengenai adanya rumor pemecatan terhadap sejumlah Ketua RW dan RT, karena dianggap berseberangan dengan kepentingan politik petahana dalam menghadapi suksesi kepemimpinan Kota Palopo untuk periode lima tahun ke depan.

Namun hal itu, dibantah keras oleh Kabag Humas Pemkot Palopo, Eka Sukmawaty.

“Informasi seperti itu, tidak benar karena Ketua RW dan RT yang diganti memang sudah habis masa kerjanya,” kata Eka kepada awak media ini, Selasa (9/1/2018).

Ia menambahkan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, para lurah bertindak cepat dengan melakukan pengisian jabatan Ketua RW dan RT melalui musyawarah bersama masyarakat.

“Jadi proses pengangkatan Ketua RW dan RT baru itu, sangat bersifat demokratis,” ucapnya.

Menurutnya, pengangkatan Ketua RW dan RT ada dasar regulasinya, yakni mengacu pada Permendagri No: 5 /2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan.

“Jadi sama sekali tidak ada kesewenang-wenangan yang dilakukan para lurah di lingkup Kota Palopo dalam melakukan pergantian Ketua RW dan RT di wilayahnya masing-masing,” papar Eka.

Lebih lanjut Eka menegaskan, bahwa selama pemerintahan HM Judas Amir sebagai Walikota Palopo, pengisian struktur kelembagaan pada seluruh tingkatan organisasi perangkat daerah mulai dari atas sampai yang terendah dilakukan berdasarkan regulasi dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Mengenai adanya issu pemecatan Ketua RW dan RT yang berkembang akhir-akhir ini di Palopo, saya pikir itu sifatnya sangat tendensius dan politis,” kunci Kabag Humas Pemkot Palopo tersebut.

Adapun pergantian Ketua RW dan RT yang baru-baru ini, berlangsung di Kelurahan Mungkajang dan Surutanga, Kota Palopo.

Penulis   : Ories
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.