.

.

Sunday, 28 January 2018

Panwaslu Kabulkan Permohonan BKM-WN dalam Sidang Putusan Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wabup Luwu

Ketua Panwaslu Kabupaten Luwu, Sam Abdi (tengah) membacakan Putusan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Tahun 2018 yang berlangsung  di Kantor Sekretariat Panwaslu Luwu, Jalan Merdeka Selatan, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Minggu (28/1/2018)

Panwaslu Kabupaten Luwu Membatalkan Berita Acara KPU Luwu Tertanggal 11 Januari 2018 yang Mengembalikan Berkas BKM-WN

LUWU, Tabloid SAR- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Luwu setelah beberapa kali menggelar Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Luwu Tahun 2018 yang dimohonkan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati & Wabup Luwu periode 2018-2023, Buhari Kahar Mudzakkar & Wahyu Napeng (BKM-WN) dengan termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu, akhirnya diputuskan.

Putusan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wabup Luwu dengan Nomor Putusan 001//PS/PWSL.LWU 27.09/1/2018 tersebut, dibacakan langsung oleh Ketua Panwaslu Luwu, Sam Abdi di Kantor Sekretariat Panwaslu Kabupaten Luwu, Jalan Merdeka Selatan, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Minggu (28/1/2018).

Isi putusan itu, pada intinya adalah mengabulkan sebagian permohonan yang dimohonkan BKM-WN.

Amar putusan tersebut, terdiri dari lima point, yakni (1) mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian, (2) membatalkan berita acara KPU Luwu tertanggal 11 Januari 2018 yang mengembalikan berkas BKM-WN, (3) memerintahkan pemohon menyerahkan berkasnya ke KPU Luwu, (4) memerintahkan termohon melakukan penelitian administrasi berkas BKM-WN, (5) memerintahkan KPU Luwu untuk melaksanakan keputusan ini paling lambat tiga hari sejak tanggal ditetapkan.

Saat membacakan putusan ini, Ketua Panwaslu Luwu, Sam Abdi didampingi dua Anggota Komisioner Panwaslu Luwu, Kaharuddin dan Abd Latief.

Sementara, pihak KPU Luwu selaku termohon diwakili dua Anggota Komisionernya yakni, Zulkifli dan Suhaeb.

Sedangkan pihak pemohon dalam hal ini BKM-WN dihadiri Kuasa Hukumnya, Abbas Djohan.

Untuk diketahui, pada tanggal 10 Januari 2018 lalu, KPU Luwu mengembalikan berkas pendaftaran BKM-WN saat mendaftar sebagai salah satu Bapaslon Bupati dan Wabup Luwu periode 2018-2023 di KPU Luwu, karena dua rekomendasi partai yang mereka bawah telah digunakan mendaftar oleh Bapaslon lainnya.

Partai Amanat Nasional (PAN) digunakan Bapaslon Bupati dan Wabup Luwu Patahuddin- Emmy Tallesang (Pata-Emmy), sedangkan Partai Hanura dipakai Bapaslon Basmin Mattayang- Syukur Bijak (Basmin-SBj).

Hal itulah yang membuat BKM-WN mengajukan permohonan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wabup Luwu Tahun 2018 kepada Panwaslu Luwu.

Bapaslon BKM-WN bersama ratusan pendukung dan simpatisannya yang berkumpul di halaman Kantor  Sekretariat Panwaslu Luwu ketika menunggu hasil sidang putusan tersebut, langsung sujud syukur begitu mengatahui bahwa permohonannya dikabulkan oleh Panwaslu Luwu.

Pasca pembacaan putusan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Luwu Tahun 2018 dengan Nomor Putusan 001//PS/PWSL.LWU 27.09/1/2018 tersebut, maka berkas persyaratan pencalonan BKM-WN dikembalikan ke KPU Luwu untuk diverifikasi ulang dalam tempo 3 hari, sejak ditetapkannya putusan sidang ini.

Penetapan berkas Bapaslon Bupati dan Wabup Luwu, BKM-WN akan diumumkan dan ditetapkan oleh KPU Luwu paling lambat Selasa, (30/1/2018) mendatang.

Penulis   : Solihin
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.