.

.

Tuesday, 27 February 2018

Bupati Luwu H Andi Mudzakkar Masuki Masa Cuti Pilkada Serentak

Kabag Humas Pemkab Luwu Ansir Ismu

Ansir Ismu : Wakil Bupati H Amru Saher Secara Otomatis Menjadi Plt Bupati Luwu

LUWU, Tabloid SAR- Masa cuti calon incumbent (petahana) kepala daerah yang maju bertarung pada Pilkada Serentak 2018 ini. Pada gilirannya, membuat kekosongan sejumlah jabatan gubernur atau bupati dan walikota, untuk diisi oleh wakilnya yang tidak maju berkontestasi pada event politik suksesi kepemimpinan lima tahunan di tingkat daerah tersebut.

Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Luwu, karena Bupati H Andi Mudzakkar maju berkontestasi sebagai Calon Wakil Gubernur pada Pilkada Sulsel, untuk mendampingi Calon Gubernur Ichsan Yasin Limpo. Maka secara otomatis Wakil Bupati Luwu, H Amru Saher menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati di daerah yang bertajuk Bumi Sawerigading ini.

Hal tersebut, dikemukakan oleh Kabag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, Ansir Ismu saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (20/2/2018) lalu.

“Kalau Wakil Bupati Luwu tidak perlu dikukuhkan melalui pelantikan gubernur, sebab menurut regulasi diatur bahwa Wakil Bupati yang tidak maju berkontestasi pada Pilkada, secara otomatis menjadi Plt Bupati,” tuturnya.

Kata dia, karena Wakil Bupati kita (H Amru Saher- red) tidak maju bertarung dalam ranah politik Pilkada Serentak 2018 ini, sehingga Beliau secara otomatis menjadi Plt Bupati Luwu.

Lain halnya, jika kedua-duanya (Bupati dan Wakil Bupati, red) maju pada perhelatan politik lima tahunan tersebut, maka harus ada pejabat sementara (Pjs) Bupati Luwu yang ditunjuk oleh Kementrian Dalam Negeri.

Menurutnya, H Amru Saher efektif menjadi Plt Bupati Luwu terhitung Opu Cakka sapaan akrab Bupati Luwu H Andi Mudzakkar memasuki masa cutinya,mulai tanggal 15 Februari 2018.

“Adanya cuti yang diambil oleh Opu Cakka, akibat ikut bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Calon Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo pada Pilgub Sulsel,” paparnya.

Apabila masa kampanye Pilkada 2018 ini, telah berakhir, sambung Ansir Ismu maka secara otomatis pula Opu Cakka kembali menduduki jabatannya sebagai Bupati Luwu.

“Yah, itulah kententuan regulasi yang mengatur Wakil Bupati dalam mengisi jabatan Plt Bupati, bagi bupati yang maju bertarung pada Pilkada,” kunci Kabag Humas Pemkab Luwu tersebut.

Penulis   : Ories
Editor     : William Marthom


No comments:

Post a Comment

.

.