.

.

Thursday, 15 February 2018

Hampir Semua Puskesmas di Lutra Masih Kekurangan Tenaga Medis, Kok Bisa ?

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra Andi Muh Nasrum

Andi Muh Nasrum : Tahun Lalu Sebanyak 25 Fasilitas Kesehatan Dibangun di Lutra

LUTRA Tabloid SAR- Pelayanan dasar pada bidang kesehatan adalah suatu hal yang menjadi skala prioritas setiap kepala daerah termasuk Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani.

Sehingga untuk meningkatkan tarap hidup sehat dan lingkungan masyarakat yang sehat, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra melalui dinas terkait dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lutra akan senantiasa berupaya mewujudkan harapan tersebut.

Oleh sebab itu, pada tahun 2017 lalu Dinkes Lutra mengupayakan pembangunan 25 fasilitas kesehatan di Kabupaten Lutra.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinkes Lutra Andi Muh Nasrum saat ditemui wartawan media ini di ruang kerjanya, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, 25 fasilitas kesehatan yang dibangun di Lutra pada tahun 2017 lalu berupa sarana dan prasarana kesehatan.

“Pembangun 25 fasilitas kesehatan itu, meliputi peningkatan prasarana 7 unit Puskesmas, pembangunan rumah jabatan dokter sebanyak 7 unit, dan pembangunan rumah bersalin 1 unit, serta sejumlah fasilitas kesehatan lainnya,” kata Andi Muh Nasrum.

Ia menambahkan bahwa sejak tahun lalu, hampir semua Puskesmas di Kabupaten Lutra sudah melayani rawat inap.

“Di Luwu Utara ini, tinggal satu Puskesmas yang belum melayani rawat inap yakni, Puskesmas Masamba di Ibukota Kabupaten ini. Itu karena di Masamba sudah terdapat cukup banyak Rumah Sakit yang dapat menjadi tempat rujukan dari Puskesmas tersebut,” jelasnya.

Selain itu, ada pula alasan substansial lainnya sehingga tinggal Puskesmas Masamba di Lutra yang belum menerapkan sistem rawat inap, sebab Lutra masih sangat kekurangan tenaga medis khususnya tenaga dokter dan farmasi.

“Saat ini, Kabupaten Lutra sangat membutuhkan 8 orang dokter umum dan 1 orang dokter gigi, serta 2 orang tenaga farmasi untuk ditempatkan pada Puskesmas yang ada di Lutra,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinkes Lutra menerangkan pula bahwa 9 dokter yang dibutuhkan tersebut, salah satu persyaratan mutlaknya untuk dapat diterima adalah telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dari Kemenkes RI.

Orang nomor satu pada jajaran kesehatan di Kabupaten Lutra tersebut, berharap agar kebutuhan tenaga kesehatan yang masih kurang di Lutra dapat segera terpenuhi pada awal tahun ini.

Melalui kesempatan tersebut, Kepala Dinkes Lutra juga menghimbau para Kepala Puskesmas di Lutra yang sudah terakreditasi Puskesmasnya, agar bisa betul-betul menjalankan sistem pelayanan kesehatan di Puskesmas yang dinahkodainya secara maksimal sebagai konsekwensi logis sebagai Puskesmas terakreditasi.

“Sertifikat Akreditasi Puskesmas jangan hanya sekedar dijadikan sebagai kebanggaan untuk dipamerkan sebagai sebuah prestasi, namun harus dibarengi pula dengan pelayanan yang sesuai dengan standar akreditasi tersebut,” tandas Andi Muh Nasrum sembari menghimbau agar semua sarana dan prasarana kesehatan yang telah dibangun untuk dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.