.

.

Rubrik

.

Sabtu, 10 Maret 2018

Apabila Menang, JUARA Berkomitmen untuk Gratiskan Pakaian Seragam Sekolah

Calon Petahana Walikota Palopo, HM Judas Amir sedang memaparkan program kerja Paslon JUARA, saat bersilaturahin di RT 002/RW 001 Kelurahan Boting. Tampak pula didampingi oleh H Rahmat Masri Bandaso (kanan) yang juga calon wakilnya pada Pilkada Palopo 2018 ini.



Jika Tidak Terpilih Lagi, Judas Amir : Saya Tidak Jamin Program Gratis yang Telah Dicanangkan Pemkot Tetap Dinikmati Warga

PALOPO, Tabloid SAR– Melalui tahapan kampanye Pilkada Serentak 2018 yang telah berlangsung sekarang ini. Sehingga setiap pasangan calon (Paslon) yang ikut berkontestasi melalui event suksesi kepemimpinan lima tahunan pada tingkat daerah tersebut. Nampaknya sangat memanfaatkan kesempatan ini, untuk melakukan audiens atau bertatap muka dengan warga.

Seperti halnya Paslon Juara, HM Judas Amir- H Rahmat Masri Bandaso di Pilkada Kota Palopo, pada setiap kesempatannya dalam melakukan audiens dengan warga, baik melalui metode kampanye dialogis maupun yang dikemas dalam bentuk acara silaturahim, tampaknya sangat mendapat antusiasme dari warga.

Pada setiap kesempatan itu pula, calon incumbent (paetahana) Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama calon wakilnya H Rahmat Masri Bandaso, tak terlepas pula memaparkan program kerjanya, jika terpilih kembali untuk kedua kalinya serbagai Walikota Palopo periode 2018-2023.

Selain akan tetap mempertahankan semua program pro rakyatan yang sudah dicanangkannya, selama menahkodai Kota Palopo.

Ia pun juga akan semakin mempertajam program pendidikan gratis, melalui pembagian pakaian seragam sekolah secara gratis mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga pada tingkat SMP.

Hal tersebut dikemukakan oleh HM Judas Amir pada setiap bersilatarahim dengan warga, di tengah mengkampanyekan program kerjanya apabila kembali terpilih menjadi Walikota Palopo untuk periode kedua kalinya.

Namun khususnya untuk pembagian pakaian seragam gratis bagi anak-anak sekolah, kata Judas, semuanya kita gratiskan, seperti baju seragam dan dasinya, termasuk sepatu dan kaos kakinya, tak terkecuali tas sekolah.

“Ini bukan janji tapi program ini, sudah kita tuangkan dalam program kerja JUARA. Kemudian akan direalisasikan, apabila JUARA menang pada Pilkada Kota Palopo ini,” tandasnya.

Judas pun menyampaikan, tidak dapat menjamin semua program pelayanan gratis yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo akan tetap dinikmati warga, jika dirinya tidak lagi terpilih sebagai pemimpin Kota Palopo untuk periode kedua kalinya.

“Saya bersama dengan calon wakil saya yakni Pak Rahmat (H Rahmat Masri Bandaso- red) tetap berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan program pendidikan dan kesehatan gratis. Termasuk akan lebih mempertajam kebijakan program beras sejahtera (Rastra) atau Raskin gratis bagi warga yang masih berkategori keluarga prasejahtera (berpenghasilan rendah- red) di Kota Palopo ini,”papar Judas.

Kemudian Walikota Palopo yang sedang cuti Pilkada ini, lanjut menjelaskan, bahwa pelayanan gratis pada setiap instansi pemerintah di lingkup Pemkot Palopo hingga pada kantor kelurahan, telah kita wujudkan.

“Jadi tidak ada lagi pungutan bagi warga yang membutuhkan pelayanan administrasi, mulai dari tingkat kantor kelurahan hingga pada tingkat kantor OPD,” terangnya.

Bahkan untuk mengoptimalisasi pelayanan pemerintahan pada tingkat RT/RW. Sambung Judas, sehingga Ketua RT dan Ketua RW pun diberi honor oleh Pemkot Palopo.

“Ini tak lain agar pelayanan terhadap warga, betul-betul paripurna tanpa pungutan,” tukasnya.

Halnya dalam sistem pelayanan kesehatan, lanjut Judas, maka warga Kota Palopo sudah ditanggung segala bentuk biaya medisnya melalui BPJS Kesehatan, baik di setiap Puskesmas maupun pada rumah sakit.

“Jadi apapun bentuk penyakitnya, bila itu warga Kota Palopo yang berobat, maka semuanya sudah ditanggung oleh Pemkot Palopo,” imbuhnya.

Kecuali bila itu, warga dari daerah lainnya, tuturnya lagi, seperti dari Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Tana Toraja dan daerah lainnya. Maka jelas mereka harus membayar biaya pengobatannya, karena hanya warga yang ber-KTP Kota Palopo yang dapat ditanggung seluruh biaya medisnya.

Jadi hanya di Pemkot Palopo, Judas kembali menandaskan, adalah satu-satunya pemerintah daerah di Indonesia ini, yang berani mengratiskan warganya secara paripurna pada segala bentuk pelayanan kesehatan. Termasuk mengratiskan fasilitas jemput antar (JA) warga yang sakit tapi tidak mampu menyiapkan sendiri transportasinya ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Kita ada Ambulans gratis melalui UPTD JA, tutur Judas, setiap saat silahkan hubungi. Jika warga tidak memiliki kendaraan, atau tidak mampu menyewa kendaraan karena tidak punya biaya.

Maka ambulans JA, siap lakukan antar jemput orang sakit atau pasian pada Rumah Sakit dan pada Puskesmas terdekat.

“Itu sudah menjadi standar pelayanan kesehatan door to door yang saat ini sudah disiapkan Pemkot Palopo,” bebernya.

Lalu ia menjelaskan, bahwa di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Sawerigading Palopo sekarang ini, sudah ada pelayanan medis pencucian darah. Jadi tidak perlu lagi ke Makassar.

“Itu juga gratis bagi warga yang ber-KTP Kota Palopo,” tandas Judas.

Kata dia, saat ini RSUD Sawerigading Palopo di Rampoang sudah semakin ditingkatkan fasilitasnya. Termasuk kamarnya sudah ditambah agar mampu menampung warga Kota Palopo yang berobat.

“Itu karena kita sudah bangun gedung baru di kompleks rumah sakit di Rampoang tersebut. Hal itu tak lain untuk mendukung program kesehatan gratis bagi semua warga Kota Palopo,” tutur Judas.

Tidak hanya itu, ada pula program lain yang juga sudah direalisasikan di bawah pemerintahan HM Judas Amir, yakni program sertifikat gratis bagi rumah ibadah untuk semua agama yang diakui di negara kita ini.

Termasuk meluncurkan program honor bagi petugas yang memandikan jenazah dan petugas kebersihan kuburan.

“Jadi Pemkot Palopo telah memberikan pelayanan yang bersifat paripurna bagi warga, mulai dari lahir hinga meninggal dunia,” jelasnya.

Untuk kedepan, lanjut Judas menjelaskan, kita juga sudah meluncurkan sebuah program ‘Siapa Mau Bekerja Apa’? Itu sudah akan diimplementasikan, jika saya kembali memimpin Kota Palopo bersama H Rahmat Masri Bandaso.

“Tinggal masyarakat yang akan memikirkan mau usaha apa, pemerintah siapkan modalnya,” tegas Judas.

Adapun statement yang senantiasa dilontarkan Judas pada setiap dirinya bertatap muka dengan warga, bahwa dirinya tidak menjamin semua bentuk program gratis akan tetap dinikmati warga, jika ia tidak terpilih lagi menjadi pemimpin Kota Palopo.

“Itu sudah menjadi komitmen saya bersama Pak Rahmat, tentunya akan semakin mempertajam program gratis yang sudah dilaksanakan, salah satunya program gratis baju seragam sekolah,” tuturnya sekali lagi.
Tampak sejumah warga RT 002/RW 001 Kelurahan Boting begitu antusias menghadiri acara tatap muka dengan Paslon JUARA (HM Judas Amir - H Rahmat Masri Bandaso), pada Kamis Sore (8/3/2018) yang digelar di Sekretariat Kerukunan Keluarga Cimpu (KKC) Kota Palopo, Jalan Pongsimpin Lorong 1 No 12 Kota Palopo.
Selain itu, Judas Amir juga menjabarkan mengenai program-program bantuan gratis kepada petani dan nelayan, termasuk bantuan sosial dalan bentuk lainnya.

Menurutnya, bahwa meskipun Kota Palopo ini adalah kota jasa, tapi warganya juga banyak menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dan nelayan.

“Jadi itu jelas akan menjadi salah satu program prioritas bagi kami, untuk semakin meningkatkan bantuan kepada petani dan nelayan, apabila JUARA memperoleh amanah kepemimpinan dari mayoritas warga Kota Palopo,” terang Judas.

Pokoknya, kata Judas lagi, maka JUARA akan senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kesejahterahkan hidup petani dan nelayan Kota Palopo.

“Tentunya pula berbagai bantuan sosial lainnya akan kita kucurkan terhadap warga tidak mampu, sebagai langkah upaya untuk mempersempit kesenjangan sosial,” akunya.

Judas tak lupa pula menyampaikan, bahwa keinginannya untuk maju kembali menjadi Walikota Palopo. Itu karena adanya dukungan aspirasi kuat dari masyarakat yang diakomodir dalam bentuk rekomendasi melalui sejumlah partai pengusung.

Olehnya itu, dirinya akan melanjutkan program pembangunan pada berbagai bidang. Seperti antara lain, akan semakin mengakselerasi pembangunan pada bidang infrastruktur hingga pada pelosok-pelosok. Termasuk membenahi kawasan kumuh di Kota Palopo ini.

Sekarang inikan, tutur Judas lebih lanjut, tentunya warga sudah dapat melihat sendiri dan telah menikmati atas adanya kemajuan pembangunan di Kota Palopo ini.

“Pembangunan itu, akan kita akselerasi ke depannya hingga kedaerah pelosok-pelosok kota, demi wujudkan Palopo menjadi sebuah kota yang maju dan modern. Tentu kota yang sifatnya berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal,” ucapnya.

Lalu ia menjelaskan lagi, bahwa jika JUARA terpilih, maka akan senantiasa berkomitmen untuk merealisasikan semua program kerja yang sudah menjadi persyaratan mutlak pada saat pendaftaran di KPU.

Semua program kerja itu, tambah dia, sudah kita tuangkan secara jelas dan dilampirkan saat mendaftar di KPU, yang  nantinya akan menjadi acuan pengambilan kebijakan.

“Soalnya kita tidak mau bermasalah dengan KPK, kalu tidak detail bahwa apa saja yang menjadi program kerja bagi setiap kandidat kepala daerah,” pungkas HM Judas Amir.

Penulis   : Ories
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.