.

.

.

Jumat, 02 Maret 2018

Pemkab Wajo Kerjasama Balai Besar Pengembangan SDM Makassar Latih IRT

Tampak para Ibu Rumah Tangga (IRT) serius mendengarkan materi yang disampaikan narasumber dalam pelatihan bertajuk Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  di Hotel Sermani Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Senin (26/2/2018).

Ruslan Harun : Kegiatan Ini, Bertujuan untuk Mengedukasi IRT Agar Mampu Mengawasi Anak-Anaknya dalam Penggunaan TIK

WAJO, Tabloid SAR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfo & Statistik) Wajo bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia (BBP-SDM) Makassar, melatih sekitar 50 orang Ibu Rumah Tangga (IRT) warga Wajo.

Pelatihan bertajuk Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tersebut, belangsung selama satu hari di Hotel Sermani Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (26/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Bupati Wajo H Andi Burhanuddin Unru diwakili Sekda Wajo Andi Tenriliweng mengatakan bahwa Pemkab Wajo terus berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

“Salah satunya adalah dengan mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) di daerah Wajo,” ujar Andi Tenriliweng.

Ia menambahkan bahwa, pelaksanaan pelatihan TIK bagi para IRT yang berlangsung saat itu, merupakan salah satu wujud upaya peningkatan SDM yang di maksud.

Sekda Wajo juga menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan tersebut, untuk meningkatkan kapasitas para IRT di Wajo agar dapat memahami TIK secara mendasar, khususnya manfaat dan efek negatifnya.

“Jadi melalui pelatihan ini, selain mengharapkan para Ibu-ibu agar bisa memahami cara kerja dan cara mengoperasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kita juga mengharapakan agar peserta latihan ini, dapat lebih bijak, produktif, dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi,” jelasnya.

Selain itu, Andi Tenriliweng mengungkapkan harapannya agar para peserta menyimak secara cermat, materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber dalam pelatihan tersebut, agar dapat memanfaatkan TIK secara bijak dan bisa menghindari dampak negatif yang berpotensi bisa merugikan.

Sedangkan, Kepala BBP SDM Makassar Ruslan Harun dalam kesempatan ini, menjelaskan tujuan kegitan tersebut, secara lugas dan tuntas.

“Kegiatan ini, bertujuan untuk mengedukasi Ibu Rumah Tangga (IRT) agar mampu mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti internet,” ujar Ruslan.

Menurutnya, jika para IRT gagap teknologi atau Gaptek, maka akan susah mengawasi anak-anaknya yang menggunakan internet.

“Karena bagaimana mungkin, Ibu-ibu dapat mengawasi anak-anaknya yang menggunakan internet, kalau Ibunya Gaptek. Artinya urgensi penyelenggaraan pelatihan ini, supaya para Ibu-ibu paham dan mengerti perkembangan teknologi. Sebab kasihan generasi kita, kalau tidak diawasi, apa lagi jika sampai menjadi korban perkembangan teknologi,” kunci Ruslan dalam menjelaskan materi pelatihan yang disampaikannya.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.