.

.

Rubrik

.

Senin, 05 Maret 2018

Sarira Ingin Membawa SMA Negeri 4 Luwu Go Internasional

Kepala SMA Negeri 4 Luwu, Sarira Alla Manurun, SS

LUWU, Tabloid SAR – Langkah Sarira Alla Manurun di tengah menahkodai SMA Negeri 4 Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) patut untuk diapresiasi dan didukung oleh kalangan stake holder pada dunia pendidikan di daerah ini.

Pasalnya, dirinya ingin membawa sekolah yang selama ini dikenal sebagai SMA Negeri 1 Padangsappa di Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, yang oleh masyarakat setempat sering disebut SMA Rotto, supaya dapat go internasional.

Hal tersebut, dikemukakan oleh Kepala SMA Negeri 4 Luwu ini, saat ditemui awak media Tabloid SAR pada Senin (19/2/2018) di ruang kerjanya.

Adapun maksud go internasional, sebagaimana diutarakan kepala sekolah (Kepsek) yang akrab disapa Sarira tersebut, adalah menginginkan sekolah besutannya ini, dapat mengikuti program pertukaran pelajar internasional.

Olehnya itu, mantan Kepala SMA Negeri 19 Luwu yang dulunya disebut SMA Negeri 2 Bastem ini, akan segera menguatkan kemampuan akademik siswanya. Seperti program studi bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan program pendidikan komputer utamanya dalam penguasaan pengetahuan mengenai aplikasi teknologi informatika.

“Ya, saya pikir kemampuan akademik pada program studi itulah yang akan kami benahi terlebih dahulu, jika ingin mempersiapkan anak-anak didik kami di SMA Negeri 4 Luwu ini. Supaya nantinya dapat mengikuti program pertukaran pelajar internasional,” tuturnya.

Selain itu, kata Sarira lagi, tentunya kami juga akan memberikan supplement mengenai pengetahuan budaya dan adat istiadat Luwu pada khususnya dan secara umum kebudayaan Sulsel dan Indonesia yang beraneka ragam itu.

Lanjut ia menuturkan, karena program pertukaran pelajar internasional, juga merupakan salah satu agenda duta bangsa di negara asing.

“Jadi dengan demikian, siswa kita nantinya dapat pula memperkenalkan budaya daerah dan bangsa kita, pada masing-masing negara tujuan nantinya,” papar Sarira.

Menurutnya, dia merasa optimis dapat mewujudkan salah satu sekolah yang memiliki siswa terbesar di Kabupaten Luwu itu, untuk dapat go internasional melalui program pertukaran pelajar antar negara tersebut.

Ya, itu harus menjadi sebuah optimisme yang kuat, kata Sarira lagi. Maka untuk mewujudkannya, kami harus menerapkan disiplin siswa dalam mengikuti materi akademik sebab hal tersebut, akan menjadi standar program pembelajaran di sekolah kami ini.

“Kita targetkan paling tidak selama dua tahun kedepan, siswa-siswi di sekolah kami ini, sudah dapat mengikuti program pertukaran pelajar internasional,” tukasnya.

Lanjut ia menyampaikan, maka untuk mempersiapkan hal tersebut, sehingga kami tentunya pula terlebih dahulu membenahi sistem management sekolah agar setara dengan management pendidikan internasional.

Urgennya lagi di sini, sambung dia, terlebih dahulu kami akan mempertajam sistem management akademik, dalam rangka meningatkan kualitas kegiatan pembelajaran siswa.

“Karena itu akan menjadi kunci utama untuk dapat membawa SMA Negeri 4 Luwu ini, go international,” tandasnya.

Kemudian ia manambahkan, kenapa sekolah lain bisa? “Jadi itulah yang menjadi motivasi saya, sehingga harus berjuang untuk membawa SMA Negeri 4 Luwu ini, agar bisa menjadi salah satu sekolah rujukan pertukaran pelajar internasional di Sulsel,” kunci Sarira Alla Manurun.

Penulis   : Ories
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.