.

.

.

Selasa, 20 Maret 2018

SMA Negeri 2 Torut Gelar USBN Berbasis Komputer, Wakil Kepala Sekolah Optimis Seluruh Peserta Ujian Lulus Tahun Ini

Wakil Kepala SMA Negeri 2 Torut Bidang Akademik, Drs. Joni Mambela

TORAJA, Tabloid SAR- SMA Negeri 2 Toraja Utara (Torut) yang berada di Rantepao, Ibukota Kabupaten Torut, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) sejak Senin (19/3/2018) pagi.

Menurut Wakil Kepala SMA Negeri 2 Torut Bidang Akademik Drs. Joni Mambela bahwa USBNBK tersebut, akan berlangsung hingga, Selasa (27/3/2018).

“USBNBK ini, akan berlangsung selama 8 hari kedepan, yakni hingga Selasa, 27 Maret 2018,” kata Joni saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/3/2018) siang.

Ia menjelaskan bahwa 75 persen soal-soal USBNBK tersebut, ditetapkan bersama dalam Musyawarag Guru Mata Pelajaran (MGMP) se-Sulsel yang dikordinir oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel dan 25 persen soal lainnya ditentukan oleh pemerintah pusat melalui jajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

“Mata pelajaran IPS jumlah soalnya sebanyak 45 nomor, terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 nomor soal uraian atau essai. Sedangkan untuk soal mata pelajaran IPA sebanyak 35 nomor, 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian,” jelas guru mata pelajaran sejarah tersebut.

Selain itu, Alumni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Ujungpandang tahun 1989 ini, juga menerangkan bahwa setelah mengikuti USBNBK, 541 siswa-siswi SMA Negeri 2 Torut akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama empat hari pada minggu kedua awal April 2018 mendatang.

“Setelah mengikuti USBNBK ini, anak didik kami di SMA Negeri 2 Toraja Utara (Torut) akan mengikuti UNBK pada tanggal, 9-12 April 2018 mendatang,” terang Joni.

Wakil Kepala SMA Negeri 2 Torut yang mengawali karirnya sebagai guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Soppeng (SMA Negeri 1 Donri-Donri) tersebut, menuturkan bahwa pihaknya optimis seluruh anak didiknya yang mengikuti USBNBK dan UNBK tahun ini, akan lulus dengan nilai maksimal jika mereka belajar dengan baik.

Pasalnya sejak bulan November 2017 lalu, semua guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Torut menggelar pemantapan dengan menambah jam belajar pada sore hari, mulai pukul 14.00-17.00 WITA setiap hari Senin-Jumat, khusus bagi siswa-siswi Kelas XII (Kelas 3- red) untuk membahas dan mengejakan soal-soal mata pelajaran yang diperkirakan bakal keluar menjadi soal-soal USBNBK dan UNBK.

Dalam penambahan jam belajar itu, siswa-siswi Kelas XII dibimbing mengerjakan simulasi soal-soal USBNBK dan UNBK menggunakan komputer di Laboratorium Komputer sekolah.

“Simulasi tersebut, dilaksanakan dua tahap. Pada tahap pertama digelar selama dua hari dan tahap kedua selama tiga kali pertemuan,” sebut Joni sembari mengatakan peserta simulasi USBNBK dan USBN ini, dibagi dalam tiga sesi menggunakan enam ruangan Laboraturium Komputer sekolah yang berisi 125 unit komputer.

Guru mata pelajaran sejarah yang sudah 14 tahun mengabdi di SMA Negeri 2 Torut tersebut, yakin bahwa seluruh anak didiknya akan berhasil lulus ujian tahun ini, karena penentuan kelulusan siswa-siswi Kelas XII sekarang sudah ditentukan berdasarkan nilai rata-rata Rapor pada semester 3, 4, 5, dan 6 ditambah hasil USBNBK.

“Saya optimis jika Tuhan berkenan, seluruh siswa-siswi Kelas XII SMA Negeri 2 Toraja Utara akan lulus ujian tahun ini. Karena tingkat kelulusan sekarang jauh berbeda dengan sistem yang berlaku pada jaman dulu. Saat ini, penentuan kelulusan sudah mengacu pada nilai rata-rata setiap semester dalam Rapor Kelas XI dan XII ditambah dengan hasil USBNBK,” ujar Joni seraya menjelaskan bahwa hasil UNBK sekarang berguna mengetahui kompetensi siswa-siswi yang lulus ujian dan atau untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi.

Berdasarkan informasi diketahui, bahwa tahun ini sebanyak 583 orang mengikuti USBNBK di sekolah peraih Juara Umum III pada lomba Olimpiade Sains tingkat Kabupaten Torut yang digelar pada 28 Februari 2018 bulan lalu, 541 orang merupakan siswa-siswi SMA Negeri 2 Torut dan 41 peserta lainnya berasal dari SMA Negeri 5 Torut.

Jumlah keseluruhan peserta didik SMA Negeri 2 Torut, sebanyak 1.411 orang terbagi pada 27 ruang belajar (Rumbel) dengan 56 tenaga pengajar, 46 orang sudah berstatus PNS dan 43 guru diantaranya telah disertifikasi.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.