.

.

Monday, 26 March 2018

Wabup Lutra Buka Acara Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Dari kiri kekanan : Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri dari Direktorat Jenderal (Dirjend) Perdagangan Dalam Negeri Luther Palimong, bersama Wabup Lutra Muhammad Thahar Rum dan Kepala Dinas P2KUMKM Lutra Muslim Muchtar.

LUTRA, Tabloid SAR- Direktorat Penggunaan Produk dan Pemasaran Dalam Negeri, bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menegah (P2KUMKM) Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kerjasama tersebut, berupa sosialisasi peningkatan produk dalam negeri kepada anak didik dan generasi muda tahun 2018.

Acara yang digelar di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba Ibukota Kabupaten Lutra ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Lutra Muhammad Thahar Rum didampingi Kepala Dinas P2KUMKM Lutra Muslim Muchtar, Senin (26/3/2018).

Dalam kesempatan ini, Wabup Lutra mengucapkan terima kasih atas sinergitas Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produksi Dalam Negeri dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra.

“Terima kasih atas kerjasamanya, khususnya dalam upaya untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” kata Thahar.

Selain itu, Thahar menerangkan bahwa sudah banyak produk-produk UMKM masyarakat Lutra yang telah masuk kedalam pasar ritel modern.

“Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir sudah banyak produksi lokal UMKM di Kabupaten Lutra yang dipasarkan atau dijual pada toko-toko ritel modern, baik di Alfamidi, maupun di Indomaret, bahkan sudah ada dieksport sampai ke mancanegara,” terang Wabup Lutra.

Melalui kesempatan ini pula, Thahar berharap agar sebagian produk UMKM di Kabupaten Lutra yang belum memiliki label halal, tanggal kadaluarsa dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar segera diberikan, jika segala persyaratannya telah dipenuhi oleh para produsen di Lutra.

Sementara, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri dari Direktorat Jenderal (Dirjend) Perdagangan Dalam Negeri Luther Palimong mengatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk mendukung para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan produksi dan penjualannya.

“Dukungan pemerintah tersebut, tentunya akan diwujudkan dalam berbagai macam program. Misalnya melalui program pembinaan dan bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM, baik modal yang berupa hibah, maupun pinjaman lunak,” ujar Luther.

Melalui kesempatan itu, Luther juga mengungkapkan bahwa pihaknya berharap agar para generasi muda di Kabupaten Lutra dapat menjadi bagian dari pencari solusi dan bukan penambah atau pemicu munculnya berbagai macam masalah sosial.

“Generasi muda bangsa harus mencintai produk Indonesia. Harus pula mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausahawan dan menjadi bahagian dari peningkatan perekonomian di Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menghimbau agar masyarakat lebih cerdas dan selektif dalam memilih produk-produk yang akan dikonsumsi, karena pola konsumsi sangat mempengaruhi faktor kesehatan.

“Kenapa kita mesti mengekspor produk dari luar, kalau produk dalam negeri lebih baik dan berkualitas,” tandasnya.

Kegiatan ini, diikuti oleh para Kepala Sekolah (Kepsek), Guru Pendamping SMP, SMA, SMK dan sederajatnya se-Kabupaten Lutra, tak terkecuali siswa-siswi sekolah tersebut, termasuk para pelaku UMKM di Lutra.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom


No comments:

Post a Comment

.

.