.

.

Wednesday, 25 April 2018

Dinas Perkimtan Lutra Alokasikan Anggaran Penambahan Runway Bandara Andi Djemma Masamba

Kadis Perkimtan Lutra, Anugerah

LUTRA, Tabloid SAR- Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Lutra mendukung sepenuhnya rencana perluasan Bandara Andi Djemma Masamba yang berada di Ibukota daerahnya.

Tahun ini, runway atau landas pacu Bandara Andi Djemma Masamba akan diperluas dan diperpanjang.

Landasan pacu bandara kebanggaan warga Kabupaten Lutra tersebut, saat ini berukuran 900 x 23 meter.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Perkimtan Lutra Anugerah, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/4/2018).

“Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lutra akan membebaskan lahan untuk penambahan landasan pacu Bandara Andi Djemma Masamba. Panjang landasan pacu akan ditambah 700 meter, dari 900 menjadi 1.600 meter dan lebarnya juga akan ditambah 7 meter. Dari lebar 23 menjadi 30 meter,” ujar Anugerah.  

Menurutnya tahun ini, Dinas Perkimtan Lutra yang dinahkodainya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk pembebasan lahan perluasan Bandara Andi Djemma Masamba.

“Biaya untuk pembebasan lahan, sudah kita alokasikan sebanyak Rp 500 juta dalam APBD Kabupaten Lutra Tahun Anggaran 2018, termasuk  dana sharing pembangunannya,” jelas Kadis Perkimtan Lutra.

Lebih lanjut, Anugerah menjelaskan bahwa Bupati Lutra Indah Putri Indriani sudah menandatangani kesiapan Pemerintah Kabupaten Lutra  untuk mengalokasi anggaran pembebasan lahan penambahan landasan pacu Bandara Andi Djemma Masamba.

“Ibu bupati, sudah menandatangani pernyataan kesiapan untuk biaya pembebasan lahannya,” jelasnya.

Kendati demikian, Kadis Perkimtan Lutra mengakui bahwa pihaknya belum mengetahui pasti berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk biaya pembebasan lahan milik warga yang akan dialih fungsikan menjadi runway bandara tersebut.

“Total biaya pembebasan lahan yang dibutuhkan, kami belum tau persis berapa nilainya. Karenanya, tahun ini baru anggaran persiapan dan aperasional yang disiapkan,” kata Anugerah.

Selain itu, Anugerah menerangkan bahwa pada prinsipnya pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin agar Bandara Andi Djemma Masamba bisa dikembangkan supaya pesawat berbadan lebar dapat masuk di bandara tersebut.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.