.

.

Tuesday, 17 April 2018

Luar Biasa..... Mulai April - Mei 2018 DPMPTSP Torut Akan Menggelar Sosialisasi pada Tingkat Kecamatan

Kepala DPMPTSP Kabupaten Torut Dra. Mulyati S. Tikupadang

TORAJA, Tabloid SAR- Dalam rangka meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan (Sulsel). Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Torut, akan menggelar sosialisasi pada tingkat kecamatan di Torut.

Sosialisasi tersebut, akan digelar oleh DPMPTSP Torut pada 11 zona di kantor-kantor kecamatan.

Hal ini, diungkapkan Kepala DPMPTSP Torut Mulyati S. Tikupadang, saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Selasa (17/4/2018) pagi.

Menurutnya sosialisasi tersebut, mulai besok (Rabu, 18 April 2018) akan digelar di Kecamatan Rantepao Ibukota Kabupaten Torut, selama satu hari penuh di Kantor Camat setempat.  

“Sosialisasi itu, akan kami laksanakan selama 11 hari kedepan pada 11 zona. Dalam setiap zona ada beberapa kecamatan yang kami gabungkan. Mulai besok Rabu, 18 April 2018, sosialisasinya akan kami laksanakan pada zona 1 di Kantor Camat Rantepao. Dalam zona 1 itu, ada 3 kecamatan yang kami gabungkan yakni Kecamatan Rantepao, Tallunglipu dan Tikala,” kata Mulyati.

Ia menambahkan bahwa sosialisasi berikutnya akan dilaksanakan pada zona 2 di Kantor Camat Tondon, Kamis (19/4/2018) mulai pagi hingga siang.

“Pada zona 2 kami gabungkan Kecamatan Tondon dan Nanggala untuk pelaksanaan sosialisasi itu. Sedangkan sosialisasi di zona 3 yang akan kami laksanakan di Kantor Camat Awan, pada Jumat (20/4/2018) tidak digabung dengan kecamatan lainnya, karena selain lokasinya yang jauh dari Rantepao Ibukota Kabupaten Torut, juga pada hari itu, jam kerja lumayan singkat. Tidak sama dengan hari kerja pada Senin hingga Kamis,” ujarnya.

“Sementara di wilayah zona 4 kami gabungkan 2 kecamatan yaitu Kecamatan Rinding Allo dan Buntu Pepasan. Sosialisasinya akan dipusatkan di Kantor Camat Rinding Allo, Rabu (25/4/2018). Demikian pula di zona 5 Kecamatan Buntao’ dan Rantebua, juga kami gabungkan, yang rencananya akan digelar di Kantor Camat Buntao’, Kamis (26/4/2018,” sebut Mulyati.

Lebih lanjut, Mulyati menerangkan bahwa sosilasasi di wilayah zona 6 meliputi Kecamatan Sesean Suloara’ dan Kapala Pitu. Di zona ini, sosialisasi diselenggarakan di Kantor Camat Sesean Suloara’, Jumat (27/4/2018).

“Sedangkan pada zona 7 sosialisasi di Kecamatan Denpina dan Sopai digabungkan dan dilaksanakan di Kantor Camat Sopai, Kamis (3/5/2018). Kemudian disusul zona 8 di Kecamatan Baruppu’, pada Kantor Camat setempat, Jumat (4/5/2018). Lalu di Kecamatan Kesu’ dan Sanggalangi’, sosialisasi pada zona 9 ini, kami pusatkan di Kantor Camat Kesu’, Senin (7/5/2018). Baru kemudian di Kecamatan Sa’dan dan Balusu. Sosialisasi di zona 10 tersebut, kami pusatkan di Kantor Camat Sa’dan, Selasa (8/5/2018). Terakhir sosialisasi di zona 11 kami gabungkan Kecamatan Sesean dengan Bangkelekila’ yang dipusatkan di Kantor Camat Sesean, Rabu (9/5/2018),” urai Kepala DPMPTSP Torut secara rinci.

Mantan Kabag Perekonomian Setda Torut ini, juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi pada tingkat kecamatan tersebut, DPMPTSP Torut bekerjasama dengan sejumlah pihak.

“Sosialisasi yang akan kami laksanakan pada 11 zona itu, merupakan realisasi kerjasama DPMPTSP Torut dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Torut,” tandasnya.

Alumni Fakusltas Sospol Unhas tahun 1993 ini, menjelaskan pula maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi pada 11 kecamatan tersebut.

“Dalam sosialisasi itu, nantinya tim kami akan memberitahukan kepada masyarakat yang hadir, bahwa seluruh pelayanan perizinan di Kabupaten Torut sudah dilimpahkan oleh Bupati Torut kepada DPMPTSP Torut. Selain itu, tim sosialisasi kami juga akan menginformasikan bahwa beberapa perizinan sudah digratiskan, seperti SITU, SIUP, HO dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Tim kami juga akan menjelaskan persyaratan-persyaratan yang wajib dipenuhi oleh masyarakat, ketika mengajukan permohonan perizinan pada DPMPTSP Torut,” jelas Mulyati.

Selain itu, Kepala DPMPTSP Torut juga mengungkapkan bahwa dalam sosialisasi tersebut, mereka juga akan membagikan formulir permohonan perizinan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Bukan hanya membagikan formulir, tetapi di lokasi itu masyarakat juga akan dilayani secara langsung oleh petugas BPJS Kesehatan jika hendak mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau ingin memperbaiki KIS-nya jika ada datanya yang salah atau keliru,” ungkap Mulyati sembari mengatakan bahwa seluruh informasi penting terkait perizinan juga akan dijelaskan dalam sosialisasi itu.

Kepala DPMPTSP Torut ini, berharap agar Pemerintah Kecamatan pada 21 kecamatan di Kabupaten Torut dapat memaksimalkan warganya untuk menghadiri sosialisasi yang akan digelar instansi yang dinahkodainya.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

No comments:

Post a Comment

.

.