.

.

Rubrik

.

Sabtu, 25 Agustus 2018

Kades Buntu Matabing Harapkan Partisipasi Warganya dalam Pembangunan Desa

Pembuatan draenase di Dusun Tarere, menggunakan Dana Desa Buntu Matabing Tahun Anggaran 2018

LUWU, Tabloid SAR– Desa Buntu Matabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dinahkodai oleh Hidayat, proses pembangunannya diawali dengan membangun SDM warganya.

Dalam membangun sebuah desa demi kemaslahatan warganya, kita harus berkomitmen untuk melibatkan peran serta masyarakat. Karena kita tidak mungkin mampu membangun sebuah desa, seorang diri tanpa melibatkan pihak lain utamanya warga desa.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Buntu Matabing, Hidayat ketika ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Jumat (2408/2018).

Menurutnya, sebelum melakukan pembangunan secara fisik pihaknya terlebih dahulu harus membangun kesadaran masyarakatnya, agar mereka merasa memiliki dan bertanggungjawab untuk ikut berperan dalam pembangunan desa.

“Karena kita tidak mungkin mampu memajukan sebuah desa, kalau hanya seorang diri,” ujar Hidayat.

Ia menambahkan bahwa peran serta masyarakat sangatlah penting di dalam pembangunan desanya.

“Memang perlu adanya sinergitas dan rasa memiliki. Namun bukan sekedar merasa memiliki, melainkan juga harus ikut serta dalam membangun dan menjaganya,” tambah Hidayat, sembari mengatakan hal itu adalah sebuah amanah yang harus dijunjung tinggi.

Selain itu, Hidayat juga mengajak semua pihak terkait dalam hal ini pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama membangun desanya agar kesejateraan dan keamanan, serta ketertiban  warga Desa Buntu Matabing dapat diwujudkan.

“Dengan partisipasi semua stakeholder terkait, saya berharap kedepannya dalam memimpin desa ini, perubahan kearah yang lebih maju dapat dirasakan oleh masyarakat,” harapnya.

Lebih lanjut, Kades Buntu Matabing menerangkan bahwa untuk memotivasi agar warganya dapat berpartisipasi dalam pembangunan desanya, ia membina dan memberdayakan mereka.

Dikatakan pula bahwa tugas seorang Kades memang berat, apa lagi dalam hal meningkatkan kesejateraan warganya.

“Untuk mewujudkan harapan yang diamanahkan masyarakat diatas pundak seorang kepala desa, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, terutama dalam melaksanakan pembangunan, baik fisik maupun non fisik, khususnya kesejateraan mayarakat,” kata Hidayat.

Kendati demikian, Hidayat optimis dapat mewujudkan pembangunan dan kesejateraan warganya selama didukung penuh oleh para jajaran pemerintah desa dan masyarakatnya.

Semangat itu, ditandai dengan pembangunan beberapa item pekerjaan yang tengah berlangsung di Desa Buntu Matabing dengan menggunakan Dana Desa dari APBN tahun anggaran 2018, sebesar Rp 686.359.000.

Pembangunan tersebut, meliputi pemasangan bronjong di Dusun Pekoteran sepanjang 20 meter dengan anggaran sebesar Rp 97 juta, dan pembuatan talud di Dusun Pekoteran sepanjang 315 meter yang menelan anggaran sebanyak Rp 37 juta.
Pemasangan bronjong di Dusun Pekoteran yang dibiayai dengan Dana Desa Buntu Matabing Tahun Anggaran 2018
Tidak hanya itu, Kades Buntu Matabing juga membangunan draenase di Dusun Tarere sepanjang 600 meter dengan anggaran Rp 300 juta, dan di Dusun Pekoteran 115 meter dengan biaya Rp 70 juta.

Dana Desa Buntu Matabing tahun anggaran 2018 juga digunakan untuk membangun sebuah Posyandu di Dusun Tarere yang menelan anggaran Rp 87 juta.

Sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD) Buntu Matabing yang bersumber dari APBD Kabupaten Luwu tahun anggaran 2018 sebanyak Rp 308.000.000, digunakan untuk pembinaan kegiatan keagamaan dan pemberdayaan masyarakat desa, serta biaya operasional desa dan operasional BPD, termasuk biaya lainnya.

Sedangkan untuk anggaran BHRD dan BHPD Desa Buntu Matabing tahun 2018 sejumlah Rp 10 juta.

Dalam kesempatan itu, Hidayat menegaskan pula bahwa Insyah Allah harapan dan kepercayaan yang diamanahkan masyarakat Buntu Matabing kepada dirinya, akan senantiasa dijaga dan diperjuangkan.

“Semoga niat baik dan ketulusan itu dapat terwujud sehingga bisa memberikan manfaat dan kebaikan bagi seluruh komponen masyarakat Buntu Matabing,” kuncinya.

Penulis   : Solihin Pedo’
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.