.

.

Rubrik

.

Kamis, 23 Agustus 2018

Kades Pangi Bersama Warganya Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Proyek pelebaran jalan yang menghubungkan Desa Pangi dengan Desa Tabang, sepanjang 4.200 meter menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2018 sekitar Rp 280 Juta

LUWU, Tabloid SAR- Mengingat kondisi dan letak geografis Desa Pangi, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulsel, merupakan salah satu desa yang berada di dataran tinggi dan termasuk kategori desa terpencil.

Maka dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), pembangunan infrastruktur jalan selalu menjadi skala prioritas dan menjadi item kegiatan fisik yang paling banyak menyerap anggaran.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Pangi, Muhtar kepada wartawan Tabloid SAR saat ditemui di sela-sela kesibukannya meninjau proyek pembangunan infrastruktur jalan di desanya, Kamis (23/08/2018).  

“Karena desa kami berada di atas wilayah pegunungan dan jauh dari Ibukota Kabupaten Luwu (Kota Belopa- red), serta infrastruktur jalannya belum bagus, sehingga kami berupaya untuk membuat desa kami tidak terisolir. Maka pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar desa kami dengan desa tetangga, khususnya akses jalan menuju Ibukota Kabupaten menjadi skala prioritas,” ungkap Muhtar.

Ia juga menerangkan bahwa oleh karena itu, dalam setiap pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), setiap tahunnya pembangunan infrastruktur jalan selalu menjadi item pekerjaan yang paling banyak menyerap anggaran di Desa Pangi.

“Itu sebabnya dalam pembahasan APBDes, item pembangunan infrastruktur jalan selalu menjadi hal yang paling utama dibahas, demikian pula dengan jumlah anggaran yang akan digunakan pada kegiatan tersebut, selalu mendominasi nilainya,” terang Muhtar.

Lebih lanjut, Kades Pangi menjelaskan bahwa penentuan pos anggaran pembangunan Desa Pangi, selalu dibahas dalam forum musyawarah desa (Musdes) menjelang penyusunan APBDes.

“Pada forum Musdes itu, pengambilan keputusan melibatkan para aparat dan perangkat desa, termasuk masyarakat desa. Ketika pemerintah desa hendak menyusun APBDes. Yaa forum ini, hampir sama dengan Musrembang yang setiap tahunnya digelar  menjelang penyusunan APBD Kabupaten, guna menyerap dan menampung aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Muhtar juga mengatakan bahwa Desa Pangi merupakan salah satu desa terpencil di  Kabupaten Luwu yang tersolok jauh diatas perbukitan dengan jumlah penduduk hanya berkisar 400 jiwa.

“Karena penduduk desa kami tergolong sangat sedikit, maka pada tahun ini, desa kami hanya mendapat kucuran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN tahun 2018 sekitar Rp 500 juta lebih. Sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Kabupaten Luwu lebih dari Rp 200 juta,” sebutnya.

Pada kesempatan ini, Kades Pangi juga mengatakan bahwa Dana Desa tersebut, digunakan untuk membiayai tiga item kegiatan fisik, yakni pelebaran jalan dan pembangunan jalan rabat beton, serta pembangunan jamban.

“Kegitan fisik itu meliputi, pelebaran jalan sepanjang 4.200 meter dengan anggaran sekitar Rp 280 juta. Sedangkan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 240 meter menelan biaya kurang lebih Rp 130 juta, dan kegiatan fisik lainnya adalah pembuatan jamban untuk warga desa yang kurang mampu sebanyak 37 unit dengan anggaran sekitar Rp 90 juta,” tutur Muhtar dengan merinci kegiatan fisik dan nominal anggarannya.

Sementara, ADD digunakan selain untuk biaya penyelenggaraan dan operasional pemerintahan desa, dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Luwu tahun anggaran 2018 tersebut, juga dimanfaatkan membayar gaji, serta honorarium perangkat dan aparat desa.

Dalam wawancara ini, Muhtar selaku Kades Pangi menegaskan pula bahwa pelebaran jalan yang menghubungkan Desa Pangi, Kecamatan Latimojong dengan Desa Tabang di Kecamatan Bastem, merupakan program yang paling prioritas tahun ini.

“Pasalnya, jalan itu merupakan satu-satunya akses jalan yang paling terdekat bagi warga desa kami, jika hendak menuju Ibukota Kabupaten Luwu,” tegasnya.  

Penulis   : Abd. Rahman
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.