.

.

.

Selasa, 07 Agustus 2018

Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone, Bantu Korban Kebakaran di Lutra


Anggota Komisi I DPRD Lutra Hj.Nirwana Andi Gasaling (kiri) selaku salah satu Dewan Pembina KKMB Lutra, menyerahkan bantuan KKMB Lutra kepada korban bencana kebakaran di Desa Patila, Kecamatan Tanalili, Kebupaten Lutra, Jumat (03/08/2018).
LUTRA, Tabloid SAR- Ini adalah salah satu bukti nyata, manfaat dari adanya kerukunan-kerukunan keluarga atau paguyuban-paguyuban yang berbasis kedaerahan, bagi para anggotanya.

Organisasi berbasis kedaerahan demikian banyak dibentuk dan didirikan oleh para perantau di tana rantau atau tempat mereka mengadu nasib, baik bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, maupun para perantau yang mencari nafkah di perantauan, termasuk bagi mereka yang sudah menetap di rantau orang tersebut.

Manfaat perkumpulan para perantau ini adalah adanya solidaritas yang kuat dan mengikat bagi para anggotanya, untuk saling membantu bila tertimpa sebuah kemalangan.

Seperti halnya yang dialami oleh salah satu keluarga anggota Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang sudah menetap beberapa tahun di Desa Patila, Kecamatan Tanalili, Kabupaten Lutra, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Warga Desa Patila tersebut, mendapat bantuan dari KKBM Lutra beberapa hari setelah dirinya kehilangan rumah beserta sebagian besar hartanya karena dilalap si jago merah.

Para pengurus KKMB Lutra, mengunjungi korban kebakaran ini dan memberikan sejumlah bantuan baik berupa uang, maupun yang berupa pakaian, alat shalat, bahan makanan seperti mie instan dan ikan kaleng.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Anggota Komisi I DPRD Lutra Hj.Nirwana Andi Gasaling, selaku salah satu Dewan Pembina KKMB Lutra.

Menurutnya, mereka (KKMB Lutra- red) sengaja melakukan kunjungan itu, guna bertemu langsung dan bersilaturahmi dengan warga korban kebakaran di Desa Patila tersebut.

“Awalnya peristiwa memilukan ini saya ketahui lewat pemberitaan media massa, ketika saya masih dinas luar daerah, tepatnya di Jakarta . Dari sana saya berkoordinasi dengan para pengurus KKMB Luwu Utara, agar mengkoordinir segenap anggota KKMB Luwu Utara supaya dapat sama-sama mengunjungi korban kebakaran ini yang merupakan bahagian dari KKMB Luwu Utara,” kata Hj. Nirwana di lokasi kebakaran, Jumat (03/08/2018).

Ia menambahkan bahwa berkat komunikasi yang lancar dengan rekan-rekan pengurus KKMB Lutra, setelah pihaknya balik dari Jakarta dan tiba di Masamba, Hj. Nirwana langsung menghadap kepada pimpinan DPRD Lutra, sambil meminta ijin untuk mengunjungi korban kebakaran di Desa Patila tersebut.

“Setelah meminta ijin sama pimpinan saya di DPRD, saya langsung menghubungi rekan-rekan pengurus KKMB Luwu Utara untuk berkunjung kesini, sembari membawa sejumlah bantuan yang dikumpulkan teman-teman pengurus KKMB dari para anggota KKMB di Luwu Utara,” tambahnya.

Lebih lanjut, anggota legislative Lutra ini mengungkapkan bahwa pihaknya bersama keluarga besar KKMB sangat prihatin atas apa yang menimpa korban kebakaran di Desa Patila itu.

“Kita sangat prihatin melihat kondisi korban kebakaran ini. Namun Alhamdulillah seluruh rumpun keluarga dari Bone khususnya yang tergabung dalam KKMB Luwu Utara, bisa berpartisipasi untuk membantu meringankan beban korban peristiwa memilukan ini,” ujar Hj. Nirwana yang akrab disapa Puang Wana tersebut.

Selain mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh komponen KKMB atas solidaritasnya dalam membantu korban kebakaran itu, Puang Wana juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemda) Lutra.

“Baik selaku bahagian dari keluarga besar KKMB Luwu Utara, maupun sebagai Wakil Rakyat, saya juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara khususnya bagi Dinas Sosial dan seluruh pihak yang sudah menyerahkan bantuan kepada anggota KKMB yang dilanda musibah ini,” ungkapnya dengan penuh haru.

Sementara, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Lutra, Andi Sarappi selaku Ketua KKMB Lutra mengatakan pihaknya berterima kasih kepada seluruh anggota KKMB Lutra atas kerjasama dan partisipasinya dalam upaya membantu meringankan beban korban kebakaran di Desa Patila tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh anggota KKMB Luwu Utara yang mau bersama-sama membantu saudara kita dari Bumi Arung Pallakka yang sedang dirudung musibah kebakaran ini. Semoga bantuan kita ini, dapat meringankan beban korban, dan saya berharap agar tradisi, serta kebiasaan KKMB untuk membantu anggota kerukunan ini bila ada yang terkena musibah, senantiasa dijaga dan ditumbuh-kembangkan,” tutur Ketua KKMB Lutra yang akrab disapa Puang Appi ini.

Puang Appi juga tak lupa mengingatkan korban kebakaran itu, ketika menyerahkan bantuan KKMB Lutra, bahwa peristiwa yang menimpa korban adalah sebuah ujian dari Allah SWT.

“Kami berharap Bapak dan Ibu, tetap bersabar menghadapi musibah ini karena sesungguhnya peristiwa ini adalah ujian dari Tuhan. Jadi mohon tetap sabar dan perbanyak doa agar  senantiasa dikuatkan olehNya dalam menghadapi cobaan ini. Badai pasti berlalu dan semua akan indah pada waktunya,” kuncinya.

Editor : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.