.

.

.

Jumat, 14 September 2018

ADVETORIAL- Rombongan SMA Negeri 1 Luwu Study Banding Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 7 Wajo

Kepala SMA Negeri 1 Luwu Drs. Nurdin Muin, MPd dan Kepala SMA Negeri 7 Wajo Dra. Hj. Andi Fatmawati, MPd, diapit oleh dua orang guru yang mendapingi mereka ketika sesi acara temu wicara berlangsung di aula pertemuan sekolah berjuluk Kampus Cendana di Kabupaten Wajo itu.
Disponsori oleh Pihak PT Pertamina Persero, Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Palopo

“….Selamat datang kakak, selamat datang bapak, selamat datang ibu, selamat datang kawan….” begitu nyanyian penyambutan terhadap siswa-siswi dari SMA Negeri 1 (Smansa) Luwu, Kamis (13/09/2018) siang, saat bertandang di Kampus Cendana, sebutan akrab untuk SMA Negeri 7 Wajo.

Mereka tampak berbaris rapi dan berjejer mulai dari pintu gerbang sekolah pada sisi kiri dan kanan jalan masuk SMA Negeri 7 Wajo, saat menjemput kehadiran rombongan siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Luwu tersebut.

“Selamat datang,” ucap Kepala SMA Negeri 7 Wajo, Dra Hj Andi Fatmawati MPd, saat menyambut rombongan SMANSA Luwu yang dipimpin langsung oleh kepala sekolahnya, Drs H Nurdin Muin MPd.

Lalu Kepala SMA Negeri 1 Luwu, dikalungi bunga oleh Fedro, salah satu siswa berkebangsaan Argentina yang sedang belajar di SMA Negeri 7 Wajo melalui program pertukaran pelajar Internasional.
Seorang siswa program pertukaran pelajar internasional dari Argentina bernama Fedro, mengalungkan kalung bunga kepada Kepala SMA Negeri 1 Luwu, Drs Nurdin Muin, MPd, saat diterima bersama rombongannya di SMA Negeri 7 Wajo.
Suasana keceriaan pun, seketika itu langsung menjadi larut mewarnai interaksi di antara rombongan siswa-siswi SMA Negeri 1 Luwu dengan siswa-siswi SMA yang dinahkodai Andi Fatmawati tersebut.

Apalagi didukung oleh letak geografis sekolah bergelar Kampus Cendana di Kota Sutra ini, tampak sangat asri karena terletak di bukit yang ditumbuhi pepohonan. Sehingga semakin memberikan suasana kesejukan di tengah alam berlatarbelakang kehijauan.

Adapun kunjungan ini, tujuannya untuk mempererat hubungan jalinan silaturahim antara kedua sekolah berprestasi tersebut. Terlebih keduanya pernah mendapatkan gelar Sekolah Adiwiyata dari daerah masing masing.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk program stady banding ini, disponsori oleh bagian Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Persero - Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Palopo, Firman yang bertindak selaku pendamping. Lalu melakukan temu wicara yang diawali dengan sambutan-sambutan.
Firman (kiri) Bagian CSR PT Pertamina Persero Tbk - Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Palopo bertindak selaku pendamping dan sponsorship kegiatan study banding tentang Sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Luwu ke SMA Negeri 7 Wajo.
Kepala SMA Negeri 1 Luwu, Nurdin Muin mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi, sebab suasana penyambutan saat itu, bisa langsung melenyapkan rasa lelah mereka.

“Itu karena adanya keramahan dan senyum persaudaraan, serta sambutan hangat dari segenap komponen di SMA Negeri 7 Wajo ini,” ucapnya dengan nada puas.

Lanjut ia mengemukakan, bahwa pihaknya sulit melukiskan bagaimana rasa bahagia yang mereka alami atas penyambutan yang sangat luar biasa itu.

“Jadi kehadiran kami, bertujuan untuk saling memperkuat ikatan tali silaturahim, serta belajar bagaimana agar sekolah kami juga bisa menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional seperti SMA Negeri 7 Wajo,” ungkap Mantan Kepala SMA Negeri 4 Luwu ini.
Tampak rombongan yang dipimpin oleh Kepala SMA Negeri 1 Luwu Drs. Nurdin Muin, MPd, foto bersama dengan Kepala SMA Negeri 7 Wajo Dra. Hj. Andi Fatmawati, MPd, yang didampingi para guru dari kedua sekolah itu
Selanjutnya, Andi Fatmawati selaku Kepala SMA Negeri 7 Wajo dalam sambutannya, menyampaikan beberapa hal, antara lain bahwa sekolah yang dinahkodainya digelar Kampus Cendana.

“Sekolah ini digelar Kampus Cendana karena terletak di Jalan Cendana. Dulunya sekolah kami ini, bernama SMA Negeri 3 Unggulan Wajo,” jelasnya.

Kemudian ia menambahkan, setelah ada perubahan nama, maka sekolah ini menjadi SMA Negeri 7 Wajo. Sesuai urutan tanggal berdirinya SMA Negeri di daerah berjuluk Bumi Lamaddukelleng ini.

“Selamat datang dan terimakasih, karena telah berkunjung ke sekolah kami di Kota Sutra ini,” tutur Andi Fatmawati sembari mengakhiri sambutannya.

Setelah itu, lalu dibuka sesi tanya jawab. Tampak Kepala SMA Negeri 7 Wajo tersebut, menjawab secara lugas setiap pertanyaan dari rombongan SMA yang berasal dari Belopa Ibukota Kabupaten Luwu ini.

Pada penghujung acara, baik Kepala SMA Negeri 1 Luwu maupun Kepala SMA Negeri 7 Wajo, tampak saling memberi dan menerima souvenir cindramata berupa plakat, sebagai bentuk tanda kunjungan persahabatan antar kedua sekolah yang pernah meraih penghargaan Adiwiyata tersebut.

Kemudian dikunci dengan kegiatan berkeliling halaman sekolah. Tampak taman SMA Negeri 7 Wajo begitu tertata apik, berhiaskan beraneka ragam warna-warni kembang bunga yang bermekaran. Kian menambah keindahan estetika sekolah yang dinahkodai oleh Andi Fatmawati ini.

Untuk dikatehui bahwa SMA Negeri 7 Wajo, pernah mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat nasional dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2013 lalu.

Sekolah yang bergelar Kampus Cendana terebut, memiliki guru dan pegawai sebanyak 95 orang.

Penulis   : Echa & Ories
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.