.

.

Rubrik

.

Sabtu, 29 September 2018

Akibat Gempah di Donggala, 3 Unit Rumah Warga Rusak di Lutim


Tampak salah satu rumah warga di Kabupaten Lutim yang mengalami rusak cukup para akibat efek dari Gempa Donggala.

LUTIM, Tabloid SAR - Gempa tekronik 7,7 magnitudo 5,9 SR sekira pukul 18.05 Wita, Jumat (28/08/2018) yang mengguncang Kabupatan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) sampai getaran dirasakan sampai hingga di Kabupaten Luwu Timur (Lutim). Bahkan juga merambat dirasakan masyarakat Kabupatan Luwu, Sulawesi selatan (Sulsel).

Pusat gempa tersebut disebut-sebut bersumber dari jalur lintasan cincin api Semenanjung Minahasa, Sulawesi Utara. Namun menimbulkan getaran yang justru cukup kuat terjadi di Donggala. Akibatnya juga menyebabkan tiga unit rumah warga di Lutim, Sulsel mengalami rusak parah.

Adapun ketiga rumah warga Lutim itu, yakni di Dusun Gemini Indah, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, masing-masing milik Sugeng Riadi tembok dindingnya menjadi miring, rumah Arifin landasan tangga rusak dan Rumah warga bernama Ester.

Bahkan Rumah Jabatan (Rujab) Ketua DPRD Lutim Amran Syam mengalami retak di beberapa bagian bangunannya. Perabotan juga berjatuhan. Pernak-pernik dan beberapa piagam jatuh dan menjadi terpecah-pecah.


Gempa susulan kembali terjadi dengan kekuatan 7,4 magnitudo pada Jumat (28/9/2018). Hingga Sabtu (29/9/2018) pagi, sudah terjadi 91 gempa pasca-gempa susulan bermagnitudo 7,7 dan 7,4 tersebut.

Diketahui, menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) titik gempa berada di 0.35 LS dan 119.82 BT. Titik gempa hanya berjarak 8 Km Barat Laut dari Kota Donggala dan 61 km barat laut dari Kota Palu Sulawesi Tengah. Namun titiknya cukup jauh dari Mamuju Utara, Sulawesi Barat, berjarak 105 km Timur Laut.

BMKG mengungkapkan, gempa susulan itu berpusat di 27 Km timur laut Kabupaten Donggala. Sementara kedalaman gempa berada di 10 Km di bawah permukaan laut.

Gempa ini, juga menimbulkan efek tsunami yang membuat membuat cukup banyak warga meninggal diseret arus laut di Kabupaten Donggala. Pasalnya tsunami sampai menerjang rumah-rumah penduduk di sepanjang pantai di daerah ini.

Penulis   : Echa
Editor     : Ories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.