.

.

Rubrik

.

Jumat, 28 September 2018

Bawaslu Lutra Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Para pemateri yang dihadirkan dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pemilu 2019 oleh Bawaslu di Hotel Remaja, Masamba Ibukota Kabupaten Lutra, Jumat (28/09/2018)

LUTRA, Tabloid SAR- Dalam rangka memaksimalkan fungsi penyelenggaraan dan pengawasan tahapan-tahapan Pemilu 2019, Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Bawaslu Luwu Utara (Lutra) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Hotel Remaja, Masamba Ibukota Kabupaten Lutra, Sulsel, Jumat (28/09/2018).

Sosialisasi tersebut, merupakan salah satu perwujudan dari tujuan Bawaslu untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan parsitipatif.


Pada kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Lutra mengundang Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 dan media massa.

Menurut, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Lutra, Ibrahim Umar bahwa sosialisasi ini, penting dilakukan dengan melibatkan semua elemen masyarakat untuk mengawasi tahapan-tahapan Pemilu 2019 secara maksimal dengan baik.

“Untuk sementara sosialisasi seperti ini, memang sengaja dikhususkan dahulu untuk Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), Parpol peserta Pemilu 2019, dan media massa. Supaya nantinya masyarakat luas, bisa memahami apa sebenarnya fungsi Bawaslu, dan tugas-tugasnya dalam Pemilu 2019 mendatang,” jelas Ibrahim dalam kegiatan tersebut.


Komisioner Bawaslu Lutra itu, juga mengungkapkan bahwa pihaknya berharap, dengan melibatkan OMS, Parpol dan media massa, pengawasan tahapan-tahapan Pemilu 2019 nantinya bisa dilaksanakan secara objektif.

“Intinya, Bawaslu bertugas untuk mengawasi dan mencegah terjadinya permasalahan atau pelanggaran dalam tahapan-tahapan Pemilu 2019 . Kalau ada pelanggaran atau persoalan ditemukan pada pelaksanaan Pemilu nantinya, maka di situlah kami harapkan kerjasama dari semua pihak, khususnya OMS, dan Parpol, maupun media massa untuk memberikan laporannya kepada Bawaslu Lutra,” tutupnya.


Menariknya, sosialisasi ini menghadirkan sejumlah orang menjadi pemateri atau narasumber, yakni Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Lutra Enyon, Dewan Penasehat Lembaga Advokasi Pendidikan Anak Rakyat (Lapar) Sulsel Abd Karim, Kordinator Divisi Sengketa Bawaslu Sulsel Asriadi, serta Komisioner Bawaslu Sulsel Amrayadi.

Penulis   : Andi Muhammad Rizaldy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.