.

.

Rubrik

.

Rabu, 19 September 2018

Dua Specialis Pencuri Diatas Bus Dari Pulau Jawa Kepergok Penumpang

Kedua pelaku specialis pencuri di atas bus yang kini diamankan di Polsek Bua

LUWU, Tabloid SAR- Dua orang specialis pelaku pencurian di atas bus, kepergok penumpang ketika melakukan aksinya di atas Bus Mega Mas, Selasa (18/09/2018) pagi sekitar pukul 06.00 Wita.

Kedua pelaku itu bernama Mohan Siregar (55) warga Nitipuran Kasihan Bantul Jogja, dan Sarman Alias Soleh ( 48) warga Jepara 8 No. 4. Surabaya.

Kasat Reskrim Polres Luwu Reskrim AKP Faisal Syam, menjelaskan kronologis peristiwa ini, bahwa pelaku berangkat dari Makassar tujuan Palopo dengan menumpangi Bus Mega Mas.

“Dalam perjalanan kedua pelaku mulai melakukan aksinya saat penumpang bus tertidur, namun apes karena aksi pelaku diketahui oleh korban,” kata AKP Faisal.

Ia menambahkan bahwa saat itu, penumpang Bus Mega Mas sementara tertidur, namun ketika memasuki daerah Lare-lare, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, korban terbangun dan melihat pelaku sedang melakukan aksinya.

“Tas korban saat tidur di simpan di dekatnya tapi ketika terbangun, tas itu sementara digeledah oleh pelaku. Sehingga korban spontan berteriak dan menarik kembali tas miliknya yang sementara digeledah oleh pelaku,” ujar Kasat Reskrim.

Lebih lanjut, AKP Faisal menjelaskan bahwa aksi kedua pelaku sebelum ketahuan, sudah sempat mengambil beberapa barang milik penumpang Bus Mega Mas yang bernama Rusmini.

“Selain mengambil uang, kedua pelaku itu juga mencuri uang dan perhiasan emas dari dalam tas milik korban,” jelasnya.

Berdasarkan hasil penyidikan sementara, diketahui pula bahwa kedua pelaku sudah berulang kali melakukan aksi serupa.

Modusnya, pelaku berpura-pura menjadi penumpang yang hendak bepergian dengan menumpangi bus. Di atas bus, pelaku melakukan aksi pencurian saat para penumpang tertidur.

Sasaran pelaku di atas bus adalah uang, laptop, handphone, perhiasan, dan benda berharga lainnya.  

Biasanya dalam melakukan aksi mereka, kedua pelaku menyiapkan buku album besar seukuran dengan laptop. Buku album itu, digunakan untuk mengganti laptop yang mereka curi.

Saat ini, kedua pelaku sementara menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut di Polsek Bua.

Dari tangan kedua pelaku, polisi menyita barang bukti berupa perhiasan cincin emas, giwang, dan gelang seberat 6 gram, serta uang tunai sejumlah Rp 1.750.000. Termasuk buku album yang digunakan untuk menipu korbannya, juga disita dari tangan pelaku.

Penulis   : Echa
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.