.

.

.

Jumat, 28 September 2018

Festival Anak Sholeh Indonesia IV Tahun 2018 Digelar di Lutim

Bupati Lutim HM Thoriq Husler ketika membawakan sambutannya pada acara pembukaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) IV Kabupaten Lutim Tahun 2018 di pelataran Kantor Depag Lutim, Jumat (28/09/2018).

LUTIM, Tabloid SAR- Ratusan santri dan santriawati di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) IV Tahun 2018 yang digelar di pelataran Kantor Departemen Agama (Depag) Lutim, Jumat (28/09/2018).

Kegiatan yang dikemas dengan tema, “Bina Santri Ramah, Amanah dan Jujur” ini, bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para peserta didik terhadap Allah SWT, menumbuhkan bakat dan potensi yang terpendam pada diri setiap santri, seta memberikan motivasi kepada santri agar lebih semangat belajar ilmu agama.

Berbagai jenis cabang lomba dipertandingkan dan diperlombakan dalam kegiatan tersebut, mulai dari Tartil, Adzan, Iqamat, Peragaan Shalat, Ceramah, Nasyid, Tilawah, Tahfidz Juz Amma, Kisah Islami dan Kaligrafi, serta lomba menggambar dan mewarnai.


Dalam sambutannya, Ketua LPTQ Kabupaten Lutim H. Amran Syam mengatakan, FASI merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), dan Santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQLA).

“Kami sangat berterima kasih karena kegiatan ini, dapat meningkatkan kualitas dan menambah pengetahuan anak dalam kegiatan keagamaan,” kata Amran Syam.

Sementara, Bupati Lutim HM. Thoriq Husler dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim sangat mengapresiasi pelaksanaan FASI IV Kabupaten Lutim. Karena kita harus terus mendorong peningkatan pembinaan terhadap generasi muda khususnya bagi anak-anak tentang pentingnya kecintaan terhadap Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Muslim, dan sebagai ilmu pengetahuan wajib bagi umat Islam.

“Saya atas nama Pemkab Lutim sangat mengapresiasi pelaksanaan ajang FASI ini, yang mana kegiatan ini merupakan perwujudan peran nyata kita dalam menanamkan pengetahuan ilmu agama, serta akhlaq sesuai ajaran agama kepada anak-anak sejak usia dini,” ujar Husler.


Selain itu, Husler juga mengungkapkan bahwa pada ajang ini, secara esensial peserta  diharapkan bukan sekedar untuk mengikuti kejuaraan yang diperlombakan, tetapi juga agar bisa membuat mereka menjadi lebih gemar membaca Al-Quran.

“Dengan demikian anak-anak kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang ajaran agama dan terdidik secara Islami. Sehingga pada akhirnya, anak-anak menjadi semakin bergairah untuk berlomba dan berkompetisi, serta meningkatkan ketaatannya kepada Allah SWT karena ilmu yang telah mereka pelajari,” ungkapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di daerah berjuluk Bumi Batara Guru tersebut, menjelaskan bahwa FASI juga merupakan ajang sosialisasi dan pembelajaran kepada anak-anak dalam membiasakan diri berkompetisi secara fair dan sportif.

“Hal ini diharapkan pula dapat membantu mereka dalam merangsang sikap-sikap berbuat adil, berdaya saing dan menjadi yang terbaik pada setiap kesempatan,” jelas Husler.


Kegiatan ini, dijadwalkan berlangsung selama tiga hari kedepan, mulai Jumat 28-30 September 2018.

Sebanyak 242 orang santri dan santriwati dari berbagai TKA, TPA dan TQLA yang berasal dari 11 kecamatan se Kabupaten Lutim akan mengikuti lomba pada FASI IV Kabupaten Lutim tahun 2018 ini.

Pada FASI kali ini, sebanyak 6 cabang lomba diperlombakan khusus untuk TQLA, dan 6 cabang lomba bagi TPA, serta 7 cabang lomba khusus TKA.

Turut hadir dalam kegiatan ini, selain Bupati Lutim HM Thoriq Husler, dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, hadir pula Camat se Kabupaten Lutim, serta Dewan Pembina BKPRMI Lutim HM. Sarkawi Hamid dan Ketua Umum BKPRMI Lutim Rusdi Daming.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.