.

.

.

Kamis, 20 September 2018

KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DCT Anggota DPRD Lutra


Staf Ahli Bupati Lutra Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Abdul Hakim Bukara ketika membawakan sambutannya dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan DCT Anggota DPRD Tingkat Kabupaten Lutra di Aula Demokrasi KPU Lutra, Kamis (20/09/2018)

LUTRA, Tabloid SAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara (Lutra) menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD tingkat Kabupaten Lutra peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.

Penetapan DCT ini, berlangsung di Aula Demokrasi KPU Lutra, Kamis (20/09/2018).

Pada kegiatan tersebut, Ketua KPU Lutra Syamsul Bahri dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hari ini, secara nasional atau secara serentak di seluruh wilayah NKRI, KPU menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan DCT Anggota DPRD dan DPR RI. Baik pada tingkat kabupaten/kota, maupun pada tingkat provinsi dan pusat.

“Termasuk KPU Lutra, hari ini juga melakukan penetapan DCT Anggota DPRD tingkat Kabupaten Lutra yang akan mengikuti Pemilu tahun 2019 mendatang,” ujarnya.


Ia juga menyebutkan bahwa di Kabupaten Lutra, ada 13 partai politik (Parpol) yang siap bersaing memperebutkan 35 kursi DPRD Lutra.

“Jadi sebanyak 375 calon legislative (Caleg) yang diusung oleh 13 Parpol di Kabupaten Lutra, akan ditetapkan hari ini sebagai DCT Anggota DPRD Kabupaten Lutra,” sebut Syamsul.

Selain itu, Ketua KPU Lutra menghimbau pula para pengurus Parpol dan Caleg DPRD Lutra agar dapat memenuhi semua peraturan yang telah di tetapkan, terkait penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Termasuk mematuhi batas waktu berkampanye dan batas waktu pemasangan alat peraga yang bisa digunakan dalam Pemilu 2019,” himbau Syamsul.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sisa 3 hari lagi kedepannya, Parpol dan Caleg peserta Pemilu 2019, sudah diizinkan untuk berkampanye.

“Itu berarti bahwa masa kampanye akan dimulai pada tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019 mendatang,” jelasnya.

Sementara, Staf Ahli Bupati Lutra Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Abdul Hakim Bukara mengucapkan selamat kepada para Caleg yang ditetapkan sebagai DCT Anggota DPRD Lutra.

“Saya ucapkan selamat, karena ini merupakan penghujung dari proses panjang mekanisme untuk menjadi seorang Caleg, bagi para pejuang dan pengabdi rakyat di masa yang akan datang. Sebab menjadi seorang Caleg bukan pekerjaan ringan, terutama bagi para pengurus Parpol. Karena untuk memenuhi kuota jumlah Caleg yang diusung Parpol agar bisa maju berkompetisi dalam Calon Anggota DPRD adalah hal yang sulit dan tidak mudah. Dan insyah Allah hari ini dan di tempat ini pula, akan di tetapkan menjadi Caleg DPRD Lutra. Mudah-mudahan susah payahnya untuk menjadi Caleg diridohi oleh Allah, sehinggah dapat terpilih jadi Anggota DPRD Lutra pada Pemilu 2019 mendatang,” ungkapnya.


Oleh karena itu, kata Hakim Bukara, Pemda Lutra menghimbau kepada seluruh jajarannya mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa untuk menjaga netralitasnya, serta dihimbau supaya ikut berpartisipasi mengawal proses pelaksanaan Pemilu 2019 agar dapat berlangsung umum, bersih, jujur, bebas, rahasia dan adil.

“Apa bila ada hal-hal yang berupa pelanggaran di temukan di lapangan, mengenai keberpihakan jajaran pemerintah. Baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung dan menguntungkan maupun merugikan pihak tertentu, silakan ditindaki atau diproses sesuai ketentuan hukum yang ada. Sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik, dan bisa melahirkan wakil rakyat yang berkualitas, serta bermartabat,” tuturnya.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, selain Staf Ahli Bupati Lutra Bidang Hukum Politik dan pemerintahan Abdul Hakim Bukara, dan Ketua KPU Lutra Syamsul Bahri, hadir pula para Komisioner KPU Lutra, dan Komisioner Bawaslu Lutra, serta Perwira Penghubung Lutra Mayor TNI CBA Sengke, Kasat Intel Kejari Lutra Edry, Kasat Intel Polres Lutra IPTU Muhajir, dan Kadis Kesbangpol Lutra Enyon, serta para pengurus Parpol tingkat Kabupaten Lutra yang menjadi peserta Pemilu 2019.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.