.

.

Rubrik

.

Minggu, 30 September 2018

Pemda Luwu Bersama Para Pemuda Gelar Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Donggala dan Palu

Tim Kemanusian Pemkab Luwu yang dipimpin oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Luwu, Drs. Hasta, M.Si, berdoa di halaman kantornya bersama para anggota timnya sebelum berangkat ke lokasi gempa dan tsunami di Sulteng

LUWU, Tabloid SAR- Bupati Luwu H. Andi Mudzakkar menunjuk Tim Kemanusian yang akan dikirim  menjadi relawan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu ke Kabupaten Donggala, dan Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Tim relawan tersebut, akan membawa dan menyalurkan bantuan Pemkab Luwu bagi para korban gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu.

Penunjukan itu, berdasarkan Surat Perintah Bupati Luwu No.360/086/BPBD/IX/2018 tentang Penunjukan Tim Kemanusian.

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Hasta bahwa hal tersebut, sebagai bentuk nyata kepedulian dan solidaritas Bupati Luwu H. Andi Mudzakkar bersama jajarannya dan masyarakat Kabupaten Luwu, terhadap para korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng.

“Surat perintah Pak Bupati ini, adalah sebuah bentuk nyata kepedulian Pemkab Luwu bersama masyarakatnya kepada para korban gempa dan tsunami di Sulteng,” kata Hasta sembari memperlihatkan Surat Perintah Bupati Luwu kepada sejumlah awak media di halaman Kantor BPBD Kabupaten Luwu, Minggu (30/09/2018).


Sebelum berangkat dari Belopa Ibukota Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), menuju lokasi gempa dan tsunami di Sulteng, terlebih dahulu Sekretaris BPBD Luwu, Hasta yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Kemanusian Pemkab Luwu, memimpin doa bersama.

Sebelum berangkat, Hasta meminta masyarakat Luwu agar ikut mendoakan tim yang dipimpinnya agar bisa selamat sampai di tujuan.

“Doakan kami, semoga bisa tiba di lokasi dengan lancar tanpa hambatan dan kendala berarti, sehingga kami bisa tiba tepat waktu agar bantuan logistik dan obat-obatan yang kami bawa bisa cepat di salurkan kepada para korban gempa dan tsunami di Sulteng,” pinta Hasta setelah memimpin doa, ketika hendak beranjak dari Ibukota Kabupaten Luwu, Sulsel.


Setelah memimpin doa, Hasta bersama anggota Tim Kemanusiaan Pemkab Luwu yang beranggotakan 6 orang Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD, 9 orang dari Tim Medis Dinas Kesehatan, 2 orang dari Satpol PP, 1 orang dari Bappeda, 1 orang dari PMI dan 1 orang perwakilan dari insan Pers, kemudian berangkat dengan menggunakan 5 unit kendaraan roda empat membawa logistik dan obat-obatan, buat para korban gempa dan tsunami di Sulteng.

Anggota Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Kabupaten Luwu, ketika turun jalan di Belopa Ibukota Kabupaten Luwu, Sulsel, melakukan penggalangan dana bagi para korban gempa dan tsunami di Sulteng.
Untuk diketahui, selain Pemkab Luwu, gerakan peduli gempa dan tsunami Kabupaten Donggala dan Kota Palu, juga dilakukan oleh sejumlah kelompok pemuda di daerah berjuluk Bumi Sawerigading itu.

Gerakan para pemuda Kabupaten Luwu yang peduli tersebut, dilaksanakan dengan menggelar aksi penggalangan bantuan bagi para korban gempa dan tsunami di Sulteng.

Para pemuda Luwu yang terlibat dalam aksi penggalangan bantuan ini,  adalah mereka yang tergabung dalam MPC Pemuda Pancasila, SAPMA Pemuda Pancasila, Srikandi PP, Stikes Datu Kamanre, Stisip Veteran, dan SISPALA SMK Negeri 2 Luwu.


Berdasarkan keterangan, Sekretaris SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Agus Usman diketahui bahwa hingga saat ini, mereka sudah berhasil mengumpulkan donasi bagi para korban gempa dan tsunami di Sulteng, sebanyak Rp. 25.420.000.

“Donasi dalam bentuk uang sudah lebih Rp 25 juta yang berhasil kami kumpulkan. Dan hingga saat ini, kami masih menerima bantuan, baik berupa uang maupun berupa pakaian layak pakai,dan atau dalam bentuk makanan instan yang bisa bermanfaat buat saudara-saudara kita yang jadi korban gempa dan tsunami di Sulteng,” ujarnya.


Ia menambahkan bahwa bantuan warga bisa diantarkan langsung ke Markas Besar Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu yang terletak di samping Lapangan Opu Daeng Risaju Belopa.

“Saat ini, kami masih menerima bantuan jika ada warga yang ingin menyumbang. Bantuannya bisa diantar langsung ke markas atau sekretariat kami di pojok Lapangan Opu Daeng Risaju Belopa. Kalau pendistribusiannya, nanti akan kami salurkan melalui MPW Pemuda Pancasila Sulsel, tentu dengan mengikut sertakan sejumlah anggota Pemuda Pancasila dari Luwu, untuk terlibat langsung mengantarkan bantuan itu ke lokasi gempa dan tsunami di Sulteng nantinya,” ungkap Agus Usman.

Penulis   : Echa
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.