.

.

Rubrik

.

Sabtu, 13 Oktober 2018

Gelar Semarak Budaya dan Tenun Rongkong, Indah Apresiasi Kegiatan KKN IAIN Palopo

Bupati Luwu, Indah Putri Indriani saat menghadiri kegiatan Semarak Budaya dan Tenun Rongkong yang digelar oleh Mahasiswa IAIN Palopo, di Kecamatan Rongkong, Sabtu (13/10/2018).

LUTRA. TABLOID.SAR - Sebagai wujud kepedulian terhadap para generasi pelanjut, khususnya mereka yang masih bersekolah di tingkat SD, SMP hingga SMA, Mahasiswa KKN IAIN Palopo menggelar kegiatan semarak budaya dan tenun Rongkong, Sabtu (13/10/2018).

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Dalam sambutannya, Indah mengatakan, bahwa kehadirannya merupakan bentuk apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa yang melaksanakan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Luwu Utara.

"Kehadiran saya beserta rombongan, merupakan wujud apresiasi kepada adik-adik penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini, dan merupakan satu tindakan yang jelas untuk keberlangsungan budaya yang ada di daerah kita, khusunya tenun rongkong ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati cantik ini menyatakan jika tenun rongkong yang memiliki semboyan Sekong Sirendeng Sipomandi mengajarkan kita tentang kebersamaan dalam membangun daerah, sehingga upaya-upaya pelestarian budaya seperti ini, patut kita dukung bersama sebagai upaya pengenalan adab kita.

“Yang paling penting tradisi ini bisa terus terjaga dan tidak berhenti hanya untuk kegiatan ini saja, sebab baru-baru ini Luwu Utara meraih sertifikat dari Kemendikbud terkait warisan budaya 3 warisan tradisinya. Harapan kita ke depan, bisa mendorong tradisi-tradisi yang kita miliki seperti tenun rongkong ini sehingga mendapat pengakuan dari pemerintah pusat," harapnya.

Sementara itu, wakil rektor III IAIN Palopo, DR. Hasbih, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda Luwu Utara, khusunya Bupati yang telah memberi support dan dukungan kepada Mahasiswa yang melaksanakan KKN di Luwu Utara.

Penulis : Dhedy Budiman
Editor   : Tio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.