.

.

.

Sabtu, 06 Oktober 2018

Gunakan Dana Desa TA 2018 Kades Pompengan Tengah Bangun 3 Jenis Sarpras

Kades Pompengan Tengah, Rustan sedang meninjau proses pembangunan talud di Dusun Samarenda yang dibiayai menggunakan Dana Desa TA.2018

LUWU, Tabloid SAR- Desa Pompengan Tengah di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), terus membangun sejumlah sarana dan prasarana (Sarpras) desanya dengan memanfaatkan Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Kali ini, Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2018 dimanfaatkan untuk membangun tiga jenis Sarpras di Desa Pompengan Tengah yang tersebar pada sejumlah dusun.


Ketiga Sarpras yang dibangun tersebut, adalah pembangunan talud di Dusun Samarenda dan Kala-Kala Selatan sepanjang 695 meter, dan pembuatan draenase di Dusun Kala-Kala Selatan dengan volume 50 meter, serta pembangunan jalan rabat beton di Dusun Kala-Kala dan Dusun Kala-Kala Selatan sepanjang 390 meter.  

Pemanfaatan Dana Desa untuk membiayai kegiatan pembangunan fisik di Desa Pompengan Tengah ini, tujuan utamanya adalah demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat setempat.


Hal itu, diungkapkan Kepala Desa (Kades) Pompengan Tengah, Rustan saat ditemui di Dusun Samarenda ketika sedang meninjau proses pembangunan talud di dusun tersebut, Jumat (05/10/2018) siang.

Dalam kesempatan itu, Rustan menjelaskan bahwa pemanfaatan Dana Desa TA 2018 pada sejumlah dusun di desa yang dinahkodainya, merupakan upaya peningkatan pemenuhan Sarpras di Desa Pompengan Tengah.

“Infrastruktur di desa kami, dari tahun ketahun perlu ditingkatkan. Karena hal tersebut, merupakan upaya pemenuhan Sarpras sesuai kebutuhan masyarakat kami. Tentunya diharapkan pula agar pembangunan infrastruktur itu, dapat berbanding lurus dengan peningkatkan roda perekonomian warga Desa Pompengan Tengah,” jelasnya.


Selain itu, Kades Pompengan Tengah juga mengatakan bahwa dengan peningkatan Sarpras di desanya, maka mobilitas masyarakatnya juga akan semakin lancar.

“Jika mobiltas masyarakat menjadi lebih lancar, maka secara otomatis kesejateraan mereka juga dapat lebih meningkat. Demikian pula dengan aliran air di desa kami, jika draenase dan taludnya bagus, maka tentu airnya akan lebih lancar mengalir, sehingga di waktu musim hujan mendatang, warga dapat terhindar dari genangan air banjir,” kata Rustan.


Lebih lanjut, Rustan menerangkan bahwa pihaknya berharap, agar pemanfaatan Dana Desa itu, bisa memberikan konstribusi yang lebih positif terhadap masyarakatnya.

“Karena dengan begitu, harapan pemerintah pusat untuk melakukan pemerataan pembangunan di daerah-daerah pelosok dan desa terpencil dapat terwujud,” kuncinya.

Penulis   : Jirham
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.