.

.

.

Senin, 29 Oktober 2018

Keren...Pemuda di Lutim Ikrarkan Sumpah Pemuda dengan Mengenakan Pakaian Adat

Para pemuda di Lutim mengenakan berbagai-macam pakaian adat di Indonesia ketika mengikrarkan Sumpah Pemuda dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Soekarno Hatta, Kecamatan Malili, Kabupaten Lutim, Senin (29/10/2018)

LUTIM, Tabloid SAR- Puluhan pemuda Kabupaten Luwu Timur (Lutim) mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda saat mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Kabupaten Lutim di Lapangan Soekarno Hatta, Kecamatan Malili, Kabupaten Lutim, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (29/10/2018).

Menariknya, ikrar Sumpah Pemuda tersebut diucapkan oleh para pemuda Lutim dengan mengenakan aneka ragam pakaian adat dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

Ikrar itu diucapkan tepat di hadapan Bupati Lutim, HM Thoriq Husler yang memimpin upacara peringatan momentum hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.


Pakaian adat yang digunakan para pemuda Lutim adalah pakaian adat Bugis, Jawa, Minang, dan sejumlah pakaian adat dari daerah lainnya di Indonesia.

Hal tersebut, sebagai bentuk penghargaan untuk mengenang kiprah para pemuda yang telah ikut berjuang dalam meraih kemerdekaan Indonesia, tanpa mempersoalkan perbedaan suku bangsa dan daerah asal mereka, 90 tahun silam ketika mendeklarasikan perjuangan para pemuda Indonesia pada tanggal, 28 Oktober 1928.

Dalam upacara itu, Bupati Lutim HM Thoriq Husler membacakan sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi.


Sambutan tersebut, berisi amanat yang menjelaskan bahwa revolusi mental sebagaimana dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo sangal relevan untuk mewujudkan pemuda yang maju di negeri ini.

Menurutnya, ciri pemuda yang maju adalah berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Dengan mewujudkan pemuda yang maju, berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” jelasnya.


Pada upacara itu, Husler juga mengajak semua elemen pemuda untuk ikut berkontribusi membangun daerah Lutim.

“Pemuda sebagai generasi penerus di masa mendatang, harus bisa mengambil bagian dalam pembangunan daerah kita,” kuncinya.


Upacara tersebut, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lutim, yakni Bupati Lutim HM Thoriq Husler, Ketua Pengadilan Negeri Malili Khaerul, Kepala Kejaksaan Lutim Yohannes Avilla Agus Awanto, Kapolres Lutim AKBP Leonardo Panji Wahyudi dan Ketua DPRD Lutim Amran Syam, serta Perwira Penghubung (Pabung) TNI Mayor Inf. Simon Marthes mewakili Dandim 1403 Sawerigading Palopo.

Hadir pula, sejumlah Anggota DPRD Lutim, para ASN lingkup Pemkab Lutim, para pelajar, dan perwakilan Ormas dan para tokoh masyarakat se-Kabupaten Lutim.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.