.

.

.

Sabtu, 20 Oktober 2018

Polres Lutim Laksanakan Gelar Pasukan “Mantap Brata 2018” Dirangkaikan dengan Deklarasi Pemilu Damai 2019


Wabup Lutim, Irwan Bachri Syam mewakili Pemkab Lutim diberikan kesempatan pertama untuk melakukan penandatanganan naskah Deklarasi Pemilu Damai 2019, kemudian disusul oleh para perwakilan unsur Forkopimda Lutim, dan perwakilan Parpol, serta seluruh peserta deklarasi.

Wabup Lutim: “Mari Bersama-Sama Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, agar dapat Berjalan Lancar, Tertib, Aman dan Damai !”

LUTIM, Tabloid SAR- Dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi yang berlangsung aman, damai dan sejuk pada Pemilu 2019 mendatang, Polres Luwu Timur (Lutim) melaksanakan Gelar Pasukan Mantap Brata 2018 yang dirangkaikan dengan Deklarasi Pemilu Damai di halaman Mapolres Lutim, Malili Ibukota Kabupaten Lutim, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (19/10/2018) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2019 oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lutim, KPU Lutim, Bawaslu Lutim, dan perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019.


Menariknya pada penandatanganan Deklarasi  Pemilu Damai ini, Polres Lutim selaku pihak inisiator dan pelaksana kegiatan, juga melibatkan para personil Polres Lutim, Koramil, dan perwakilan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang dikemas dengan Tema : “Pileg/Pilpres Damai Tahun 2019 yang Aman Demi Keutuhan NKRI,” ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Lutim, AKBP Leonardo Panji Wahyudi.


Dalam amanatnya, Kapolres Lutim mengajak para pimpinan Parpol dan para Caleg di Kabupaten Lutim untuk bersama-sama menciptakan situasi Pemilu 2019 yang damai, adil, santun dan bermartabat.

“Untuk menciptakan situasi Pemilu damai, aman dan sejuk, maka kita wajib berlaku adil, santun, dan bermartabat, dengan cara mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dan panitia penyelenggara, baik dari KPU maupun Bawaslu,” kata AKBP Leonardo di depan seluruh para hadirin.


Selain itu, Kapolres Lutim menegaskan bahwa Polri, siap mengamankan perhelatan politik tersebut, dengan jaminan Pemilu tahun depan akan berjalan aman, damai dan sejuk.

“Kapolri telah mengamanatkan kepada seluruh jajarannya, termasuk jajaran Polres Lutim untuk melakukan deteksi dini kerawanan keamanan, sehingga gangguan keamanan bisa diatasi secara cepat,” tegasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Lutim, Irwan Bachri Syam dalam sambutannya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Lutim agar mendukung pelaksanaan Pileg dan Pilres yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Mari bersama-sama, kita sukseskan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, agar dapat berjalan lancar, tertib, aman dan damai,” seru Irwan mengajak seluruh komponen masyarakat Lutim.


Ia menambahkan bahwa untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Lutim, Pemkab Lutim menghimbau peran aktif seluruh masyarakat, dan stakeholder, serta pihak-pihak terkait, untuk membantu mensukseskan dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

“Mari dukung TNI dan Polri, serta kita semua untuk bahu-membahu menciptakan situasi yang aman dan kondusif di daerah yang sama kita cintai ini,” tambah Irwan.


Sedangkan, Komisioner Bawaslu Lutim, Andi Sukmawati dalam deklarasi tersebut, membacakan naskah Deklarasi Pemilu Damai 2019, yang diikuti oleh seluruh peserta deklarasi yang hadir.

Dalam dekrasi ini, Pemkab Lutim, bersama seluruh unsur Forkopimda Lutim, dan penyelenggara Pemilu, serta perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019, termasuk sejumlah komponen masyarakat yang hadir, menyatakan tekad bersama untuk mewujudkan Pemilu damai, aman dan sejuk. Baik pada Pemilu Pilpres maupun Pileg, untuk Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Lutim, tak terkecuali Pemilihan Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah).


Deklarasi ini, ditutup dengan penandatanganan naskah Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang diawali oleh Wabup Lutim, Irwan Bachri Syam mewakili Pemkab Lutim, kemudian disusul oleh para perwakilan unsur Forkopimda Lutim, dan perwakilan Parpol, serta seluruh peserta deklarasi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Lutim Amran Syam, Pabung TNI Mayor Suparman, perwakilan Pengadilan Negeri Malili, dan perwakilan Kejaksaan Negeri Lutim.

Hadir pula, para Komisioner KPU Lutim, dan Komisioner Bawaslu Lutim, serta Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Lutim H Ardias Bara, termasuk para Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, dan para perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019.

Editor : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.