.

.

Rubrik

.

Jumat, 12 Oktober 2018

Sekelumit Profil tentang Bastem, Caleg Partai NasDem No Urut 7 pada Dapil IV Kabupaten Luwu

Salah satu alat peraga sosialisasi (APS) Bastem yang banyak disebar luaskan oleh keluarga besarnya di Dapil IV Kabupaten Luwu

LUWU, Tabloid SAR- Nama Bastem tentunya sudah sangat tidak asing, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebab merupakan nama sebuah wilayah kecamatan yang dikenal dengan sebutan Basse Sang Tempe (Bastem).

Akan tetapi, tentunya sudah tidak sedikit pula masyarakat Kabupaten Luwu, mengenal Bastem sebagai nama orang, khususnya pada Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Luwu yang meliputi wilayah Kecamatan Bua, Bupon, Ponrang dan Ponrang Selatan. Karena  Bastem menjadi salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Nomor Urut 7 di Dapil IV Kabupaten Luwu yang akan mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) pada April 2019 mendatang.

Tentu pula belum banyak yang mengenal bahwa Caleg Partai NasDem bernama Bastem dengan Nomor Urut 7 di Dapil IV Luwu tersebut, adalah adik kandung Direktur Eksekutif LSM Aktivis Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy yang akrab disapa Bang Ories.

Pasalnya, anak kedua dari pasangan H. Abdul Karim dengan Hj St. Syamsia Puang Sanggalangi yang berdomisil di Kelurahan Noling Kecamatan Bupon, Kabupaten Luwu ini, puluhan tahun menjadi perantau dengan profesi sebagai pengusaha eksportir baik di Jakarta Ibukota Negara maupun di Lampung-Sumatera.


Bastem yang saat ini, menjadi Caleg Partai NasDem Nomor Urut 7 pada Dapil IV Kabupaten Luwu, adalah juga seorang putra berdarah Bastem. Ia memiliki latar belakang garis keturunan yang kuat, baik dari garis silsilah Kemaddikaan Ponrang maupun dari Kapuangan Tallu Lembangna (Sangalla) Kabupaten Tana Toraja.

Adapun garis keturunan Bastem pada Kamaddikaan Ponrang, yakni dari garis keterunan mendiang Andi Esa yang pernah menjadi Maddika Ponrang dengan panggilan akrab Opu Nenekna Tangngin. Mendiang Andi Esa adalah orang pertama dalam sejarah keturunan bangsawan Luwu yang memakai gelar ‘Andi’. Ia adalah cucu langsung Pajung ri Luwu, E Tenri Leleang atau anak dari Arung Mario.

Masih dari garis silsilah keturunan rumpun keluarga besar Kamaddikaan Ponrang, melalui mendiang Opu To Malaganni, ia juga merupakan satu garis keturunan dengan H. Basmin Mattayang yang terpilih sebagai Bupati Luwu pada Pilkada Serentak 2018 lalu.

Sedangkan dari silsilah Kapuangan Tallu Lembangna Toraja, ia berasal dari garis keturunan mendiang Puang Palonga’. Yang bagi kalangan bangsawan Toraja dari Kapuangan Tallu Lembangna, tentunya nama mendiang Puang Palonga’ sudah tidak asing di telinga mereka, bahwa memang ia adalah keturunan asli bangsawan Toraja.

Kendati demikian, Bastem yang merupakan Caleg Nomor Urut 7 di Partai Nasdem pada Dapil IV Kabupaten Luwu ini, sangat kental dengan latar belakang memiliki garis keturunan berdarah bangsawan Luwu dan Toraja, namun ia tetap saja menunjukkan pribadi yang penuh kesederhanaan.

Bastem maju sebagai Caleg yang akan berkompetisi memperebutkan 9 (sembilan) kursi DPRD di Dapil IV Kabupaten Luwu pada Pileg 2019 mendatang, selain karena dorongan kuat dari sahabat dan rekan-rekan kakak kandungnya, Rahmat K. Foxchy yang selama ini dikenal luas sebagai penggiat anti korupsi dari LSM Aktivis Pembela Arus Bawah, sekaligus pemilik media cetak dan media during (online) Tabloid SAR.

Namun yang tak kalah pentingnya, bagi Bastem adalah karena dirinya sudah mendapat dukungan kuat dari segenap rumpun keluarganya, baik dari komunitas Basse Sangtempe’ (Bastem) maupun dari komunitas Tallu Lembangna (Sangalla), terlebih dari rumpun keluarga Opu To Malaganni, khususnya dari mereka yang berdomisili di wilayah Dapil IV Kabupaten Luwu.


Bastem memiliki bekal untuk maju sebagai Caleg Partai NasDem Nomor Urut 7 pada Dapil IV Kabupaten Luwu, karena pengalamannya sebagai pelaku dunia usaha yang banyak bermitra dengan kalangan eksportir, khususnya karbon aktif dari hasil komuditi batok kelapa dan berbagai komuditas hasil pertanian lainnya.

Hal itu pulalah, sehingga ia akan menerapkan program pengembangan dunia pertanian melalui pemberdayaan usaha tani rakyat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di Dapil IV Luwu.

Begitulah sekelumit profil tentang Caleg Partai NasDem Nomor Urut 7 pada Dapil IV Kabupaten Luwu ini. Ia berkeinginan untuk maju berkompetisi menuju DPRD Luwu, atas dorongan segenap rumpun keluarganya.

Bastem maju sebagai Caleg, tentunya bukan untuk membangun kekuatan ekonomi dirinya sendiri, tapi ia maju untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan melalui pola kemitraan. Dengan cara menghadirkan ekspotir atau pengusaha pabrikan komuditi pertanian di tengah petani nantinya.

Karena menjadi anggota DPRD, pada dasarnya harus mendedikasikan diri untuk melayani, sekaligus memberi solusi terbaik bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Bukan sebaliknya, justru menjadikan label sebagai anggota DPRD yang dirumorkan acap kali mengangkangi APBD dengan praktik-praktik mafia anggaran bermodus jatah aspirasi.

Penulis   : Andi Muhammad Rizaldy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.